Tuesday, July 27, 2010

Hiu - Hiu Aneh

Beberapa waktu yang lalu, setelah membaca artikel dari blog Phenomena, saya jadi penasaran apakah masih ada jenis hiu lain dengan bentuk yang unik pula dan ternyata masih ada. Memang penjelasan yang akan saya berikan tidak selengkap seperti yang terdapat pada blog Phenomena, namun saya akan berusaha memberikan penjelasan sebaik mungkin.


Dalam beberapa hari kedepan, mungkin saya akan jarang memposting tentang hal - hal yang berbau misteri karena beberapa hal yang tidak dapat saya jelaskan, namun saya akan tetap berusaha memposting jika sempat.

Baik, sekarang saya akan mulai untuk membahas hiu - hiu yang unik ini. Karena jenis ini bisa dibilang nyeleneh dari bentuk ikan hiu yang selama ini kita kenal, maka mungkin kita akan sedikit heran, ternyata masih ada hiu lain yang unik.

1. Hiu Martil ( Hammerhead Shark )



Hiu martil mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Saya tetap menyertakannya dalam daftar karena hiu ini bagi saya merupakan salah satu hiu dengan bentuk yang unik. menurut ilmuwan, bentuk unik dari hiu martil ini adalah hasil dari evolusi selama 50 juta tahun yang lalu.



Kembali menurut ilmuwan, bentuk kepalanya yang unik membuat hiu martil mempunyai kemampuan sensor yang lebih baik dalam mendeteksi makanan, selain itu juga membantu dalam manuver ketika berenang. Hiu martil termasuk hiu yang berbahaya karena mereka biasanya hidup berkelompok.

2. Thresher Shark ( Hiu Penebah )



Thresher shark memperoleh namanya karena ekornya yang penjang. Hiu ini memiliki ekor yang berbeda dengan saudara - saudara sesama hiu lainnya, karena ekornya mencapai 20 kaki penjangnya. Ekornya yang panjang membuat hiu ini dapat bergerak cepat untuk menangkap mangsanya.



Sayangnya populasi hiu ini semakin menurun akibat perburuan yang dilakukan manusia. Selain dagingnya yang sering diincar oleh para nelayan, ekor dan siripnya mempunyai daya jual yang tinggi, sehingga hiu ini adalah incaran favorit para nelayan.

3. Spined Pygmy Shark



HIu ini merupakan salah satu dari jenis hiu terkecil yang pernah dikenal. Ukuran tubuhnya pun tidak lebih dari 11 inci. Ikan ini memiliki penglihatan yang buruk dan hidup di laut dalam. Mungkin karena itulah, hiu ini mempunyai kemampuan bioluminescent, yaitu dapat menghasilkan cahaya sendiri melalui tubuhnya.



Walaupun tidak mirip dengan hiu, namun spesies ini diidentifikasi sebagai hiu oleh para ilmuwan pada tahun 1907.

4. White Whale Shark



Kita pasti pernah melihat hewan - hewan albino bukan? nah, hal yang sama terjadi pada hiu ini juga. White whale shark merupakan hiu paus albino yang sangat jarang ditemukan. Hiu paus albino ini ditemukan di kepulauan Galapagos pada tahun 2008.

5. Saw Shark ( Hiu Gergaji )



Sesuai dengan namanya, hiu unik ini memiliki moncong yang mirip dengan ikan gergaji, namun mereka berbeda. JIka kita perhatikan pada gambar, bentuk moncong ikan gergaji berbeda dengan moncong hiu gergaji ini meski sama - sama bergerigi.



Hiu ini memiliki beberapa jenis, yaitu Sixgill Sawsharks, Longnose Sawsharks, Tropical Sawsharks, Japanese Sawsharks, Shortnose Sawsharks, Eastern Australian Sawsharks, Bahamas Sawsharks, Philippine Sawsharks, Dwarf Sawsharks

6. Greenland Shark



Greenland shark merupakan jenis hiu yang lebih dikenal dengan nama hiu tidur, karena hiu ini jarang berburu mangsa dan lebih suka menunggunya. Namun, hiu ini termasuk berbahaya karena pernah ditemukan greenland shark yang mati dengan sisa - sisa dari beruang kutub di perutnya.



Greenland shark dapat tumbuh hingga mencapai 21 kaki dengan berat 2.200 pounds, sehingga tidak jarang hiu ini dipanggil buaya laut. Oh ya, daging greenland dikatakan memiliki racun yang disebut dengan trimethylamine oxide, namun racun ini tidak berbahaya jika dagingnya diolah dengan benar.

Sementara hanya itu yang dapat saya posting, meskipun mungkin masih ada lagi hiu - hiu lain yang lebih unik, bagi saya tidak ada yang lebih unik selain megalodon atau mungkin bisa disebut rajanya hiu ( kalau sekarang rajanya great white shark mungkin ya :)). Oh ya, beberapa jenis hiu seperti goblin shark,frilled shark, dan megamouth shark memang tidak saya sertakan karena sudah ada blog yang mengulasnya dengan lengkap.


16 comments:

samuel said...

pertamax..

keren hiu greenlandnya...

Unknown said...

pertamax

Velica said...

haha. Hiu.. -n,n-
ohya, hiu macan ga unik ya? Hehe :P

ahh, kangen deh sm postingan tentang keajaiban alam.. -n,n-

Vahn Saryu said...

@Samuel
Kren apanya dlu nih?he..he

@who i am
Keduax bro,he..he thanks

@Lica
Hiu macan?ckp mnrik klo mnrt sy,tp krn fsiknya "hiu" bgt,jd tdk sy srtakan,he..he
Kq sprtiny ska bgt pstngan mngenai keajaibn alm?pcinta alm nih crtany?he..he

Yu shinjiranai said...

hiu greenland kaya besi karatan wwkwkkwk

Mohammad Reza Wardhana said...

dari semua hiu, hiu martillah yang sangat saya suka!

Harits Indi Pradana said...

@shiinaginata:kya trumbu krng tuh..

Haryadi Be said...

Biota laut emang beraneka ragam dan unik unik,.....ada satu jenis hiu di sekitar laut Batu Besar batam,.namanya Hiu Mejan....kepalanya mirip layangan loh.

Velica said...

oww.. Iya sih, bentuknya biasa aja.. Iya, pecinta alam tp ga pernah ikut pramuka dan kegiatan2 lain yg berhubungan dgn alam.. Hahaha! :P

Unknown said...

hiu greenland yang paling aneh

Anonymous said...

waduh, kenapa bro udah mau jarang posting cerita misteri?? trus bro Vahn mau ganti genre apa??hihihi...

btw, gergajinya saw shark apakah tajam bro?? wah kalo ada jenis philippine sawsharks berarti ikan ini juga bisa ditemukan diperairan Indonesia (khususnya bagian Sulawesi Utara)...mungkin...hehe


komen ini ditulis sedemikian rupa oleh guru besar Universitas Lilin Trang Manjur (ULTRAMAN), yaitu Prof.Dr.Ir.Drs TYrips SE

Vahn Saryu said...

@TYrips
Haha,bkannya mls psting soal misteri bro,tp mmpsting artkl msteri tdk mdah cuz qt bth bnyk rfrensi dr brbgai smber agr infrmsi yg dsmpaikan kpd pmbc valid,nah,ini yg mmbuat sy agak lma mmpsting soal msteri,he..he

@Phenomena
Klo sy ttep megalodon,hihi

@Kraken
Sprtinya mnrik bro,ju2r sy bru thu tu,he..he

Vahn Saryu said...

@TYrips
Haha,bkannya bgtu bro,tp bgi sy mmpsting artkl msteri tdk mdah cuz qt bth bnyk rfrensi dr brbgai smber agr infrmsi yg dsmpaikan kpd pmbc valid,nah,ini yg mmbuat sy agak lma mmpsting soal msteri,he..he

@Phenomena
Klo sy ttep megalodon,hihi

@Kraken
Sprtinya mnrik bro,ju2r sy bru thu tu,he..he

Haryadi Be said...

ini linknya bro,...Hiu Mejan ini dipancing oleh sahabat saya, namanya Santax.Berlokasi di laut batu besar batam.

http://tinyurl.com/38zncpp

cekidot

R-Wasp said...

Hiu wobbegong ma hiu bidadari ga masuk ya? Klo menurut saya hiu2 itu juga termasuk unik & ga biasa lo :)

ilmulogia.blogspot.com said...

makasi infonya gan, kunjungi juga ilmulogia.blogspot.com atau https://ilmulogia.blogspot.com