Sunday, July 4, 2010

Dinosaurus - Dinosaurus Yang Mungkin Belum Pernah Kita Lihat Sebelumnya

Siapa yang tidak tahu tentang dinosaurus? Hewan prasejarah ini merupakan makhluk yang membuat saya kagum ketika saya masih kecil. Saya sempat tidak mempercayai jika makhluk luar biasa ini pernah hidup di muka bumi puluhan juta tahu yang lalu. Well, ,ungkin selama ini, kita hanya mengetahui dinosaurus - dinosaurus yang terkenal macam T-Rex, Triceratop, V-raptor, Brachiosaurus, Plesiosaurus, dan lainnya. Namun, pernahkah kalian melihat dinosaurus berikut ini ? gambar ilustrasi merupakan hasil rekonstruksi dari fosil yang ditemukan.


Amargasaurus

Dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 130 - 125 juta tahun yang lalu si Argentina ini memiliki keunikan tersendiri pada tubuhnya. Sesuai hasil rekonstruksi fosilnya, dinosaurus ini memiliki 2 baris duri di sepanjang leher hingga punggungnya.





Para peneliti belum memiliki jawaban atas fungsi dari duri tersebut, namun mereka memperkirakan bahwa duri - duri itu berfungsi sebagai pertahanan diri dari predator.

Carnotaurus



Pasti sebagian dari pembaca pernah meilhat dinosaurus ini. Ya, sosok dinosaurus karnivora ini pernah muncul dalam film animasi Dinosaurs. Dinosaurus yang diperkirakan hidup sekitar 82 - 67 juta tahun yang lalu ini memiliki semacam tanduk di atas matanya.





Layaknya T- Rex, Carnotaurus juga memiliki tangan yang berukuran kecil. Dinosaurus karnivora ini merupakan predator utama pada masanya, namun peneliti beranggapan bahwa ukuran tubuh Carnotaurus lebih kecil dari T- Rex.

MASIAKASAURUS



Dinosaurus karnivora ini diperkirakan hidup sekitar 70 - 65 juta tahun yang lalu. Keunikan dinosaurus ini ada pada susunan giginya yang tak beraturan, meskipun begitu dinosaurus ini tetap menyeramkan bukan?



Fosil dino ini ditemukan di Madagaskar. Menurut peneliti dari University Of Utah, dinosaurus ini mungkin saja hidup berkelompok dan berburu hewan lain yang lebih besar. Seperti kita lihat fosilnya, tampak hanya beberapa gigi yang masih tersisa, mungkinkah rekonstruksi fosil ini sudah benar ?

TUOJIANGOSAURUS



Dino yang satu ini lebih mirip kendaraan tempur bagi saya. Jika kita lihat pda gambar, ada beberapa duri yang terdapat disamping tubuh dan ekornya. Dino yang diperkirakan hidup di China sekitar 161 - 155 juta tahun yang lalu ini sepertinya masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan stegosaurus, mungkin saja sepupunya.



Dino ini tampak begitu unik dengan duri disamping tubuhnya, peneliti berpendapat bahwa layaknya stegosaurus, dino ini menggunakan duri itu sebagai pertahanan dir. Menurut saya, gambar dino ini begitu mirip dengan stegosaurus, apakah fosil duri yang direkonstruksi oleh para ahli itu benar milik Tuojiangosaurus ini? entahlah...

DEINOCHEIRUS



Hewan prasejarah yang hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu ini memiliki keunikan pada tangan dan cakarnya. Fosil dino yang ditemukan di daerah Mongolia ini diperkirakan berjenis karnivora.



Berdasarkan ukuran fosil tangannya yang ditemukan, para peneliti memperkirakan hewan ini memiliki tinggi 12 meter dan menggunakan tangannya sebagai senjata dan untuk mengambil sesuatu seperti makanan atau mencuri telur.



Gambar diatas sebenarnya hanyalah ilustrasi, karena peneliti hanya menemukan fosil tangannya saja, jadi bentuk tubuhnya masih menjadi misteri sampai saat ini.

DRACOREX



Fosil hewan ini ditemukan di Amerika Utara dandiperkirakan hidup sekitar 67 - 65 juta tahun yang lalu. Bentuk kepalanya yang unik diperkirakan sebagai senjata untuk pertahanan diri. Bila merasa terancam, dracorex akan "menyeruduk" musuhnya hingga terkapar.





Nama Dracorex diberikan karena bentuk tengkoraknya yang mirip dengan makhluk mitologi naga. Tidak banyak informasi mengenai fosil ini, namun jika meilhat dari bentuk kepalanya, mungkin dinosaurus ini termasuk herbivora.

EPIDENDROSAURUS



Dinosaurus ini berukuran kecil dan mempunyai jari yang memanjang. Fosilnya ditemukan di daerah China dan diperkirakan hidup sekitar 160 juta tahun yang lalu.



Peneliti belum bisa memastikan fungsi dari jari yang memanjang dinosaurus yang berukuran kecil ini,namun bisa dipastikan jika hewan ini hidup berkelompok.

STYRACOSAURUS



Jika kalian menganggap triceratop adalah dinosaurus bertanduk paling mengagumkan, maka perkenalkan dengan Styracosaurus ini. Dengan tanduk yang berukuran besar, dino ini mampu membuat seekor T - Rex tak berdaya jika diserang olehnya.





Oh ya, fosil hewan ini ditemukan di Amerika Utara dan diperkirakan hidup sekitar 75 juta tahun yang lalu. Seperti triceratop, styracosaurus merupakan dinosaurus herbivora, namun saya belum menemukan informasi mengenai ukuran dino ini.

Itulah beberapa dinosaurus yang memiliki keunikan dan mungkin belum pernah kita lihat sebelunmnya. Saya benar - benar kagum dengan keanekaragaman fauna - fauna prasejarah, alangkah indahnya kehidupan pada masa mereka, namun sayangnya kita tidak bisa melihatnya lagi layaknya di film Jurassic Park. Apa boleh buat, mereka mempunyai masa - masa jaya ketika mereka hidup, dan ketika mereka telah digariskan untuk punah, maka kita harus menghargai keputusan-Nya karena hal tersebut merupakan yang terbaik bagi kelangsungan hidup selanjutnya di bumi. Tidak terbayang bukan jika mereka semua masih eksis hingga sekarang?

Notes : Mungkin saya tidak memberikan penjelasan lengkap mengenai dinosaurus - dinosaurus diatas, jadi jika anda ingin mengetahui info lengkapnya, silahkan klik sumber dibawah ini, terima kasih.

18 comments:

PHENOMENA said...

Yang lucu dari para ahli purbakala, mereka kadang merekonstruksi sesuatu hanya dari susunan rangka yang tidak jelas. Tapi Dinosaurus memang sangat eksotis. Mereka benar-benar berbeda dari hewan-hewan yang pernah kita lihat di Bumi selama generasi manusia. Saya tidak bisa membayangkan jika tidak ada kepunahan bagi mereka, mungkin manusia tidak akan bisa maju kecuali jika memuskahkan mereka.

Vahn Saryu said...

Ya,anda memang benar bro,trkdang sy brpikir..kok bsa y para ahli prbakala i2 mrekonstruksi dino hnya dr bbrp fosil yg dtmukan..
Mgkn jk dino msh eksis smpai skrg,qt akan hdup dlm teror para predator rksa2 i2,he..he..

revoreva said...

hai, bung vahn saryu, salam kenal :)
sebelumnya, maaf kalo OOT (out of topic kn kepanjangannya?)
boleh tukeran link? blog saya
www.revo-reva.blogspot.com
(tapi bukan blog misteri)
link anda juga sudah saya taruh di blog saya kok. =)
thanks... =)

dragon blog said...

Nice posting.

Hewan purba kala seperti dinosaurus juga termasuk misteri kn, seperti apakah mereka benar" pernah hidup di muka bumi, atau bagaimana mereka bisa punah, dll.

Vahn Saryu said...

@Revoreva
link anda juga sudah saya pasang di blogroll saya, terima kasih n salam kenal juga :)

@dragon blog
sebenarnya msh bnyk lgi dino yg bntuknya unik dan aneh, tapi smntara itu dulu saja deh, he..he

Andika said...

@Vahn, maksud kamu verifikasi di blog saya itu apaan ya, saya gk ngerti

Vahn Saryu said...

@Andika
Mksdnya ktika bri komen kn sblm di publish kita hrs mngsi kta verifikasinya dl kn,nah gmn klo kta tsb dhlngkn sja biar cpet?pngturany ada kok di bgn cmment :)

LEFT THINKERS said...

tuker link yah hehe

nih alamat blog saya:

www.leftthinkers.blogspot.com

Mistery On Learning said...

Nice Blog ^____^

mampir di blog saya juga ya ~
hehehehe

Vahn Saryu said...

@LEFT THINKERS
link anda sudah saya pasang di blogroll bro, thanks :)

@mistery on learning
Sekalian tukar link yah, he..he..he

Verisky said...

Nessie gimana?

Vahn Saryu said...

Nessie menurut saya termasuk dalam keluarga dinosaurus berleher panjang dan berukuran besar, namun penjelasan nessie bisa anda lihat di blognya Andika

Lica Lawliet said...

dracorexxxx!!! pengen punya 1 di rumah... buat jalan2... wkwkwkwkwkwk! XD

Vahn Saryu said...

Weleh...ntar diseruduk lho, haha

Lica Lawliet said...

kan udh di jinakin.. jd nurut sm saya... hehe
aihhh... gimana ya klo beneran ada peliharaan dino... hmmm... =="a

Vahn Saryu said...

Saya pesen telurnya deh, lumayan buat telur dadar ekstra besar, hehe

Lica Lawliet said...

klo dibikin telur dadar, persediaan makan seminggu itu.. Haha! :P

tiba2 jd inget Pisuke yg ada di doraemon.. Hmm.. --'a

Dinda said...

klo yg dino carnotaurus,amargasaurus,ama yg styracosaurus perasaan ada di buku q tentank dinosaurus ama ada di film disney:dinosaur.jadi yg itu mungkin asli