Saturday, July 24, 2010

Cacing - Cacing Raksasa, Saudara Mongolian Death Worm ?

Cacing berukuran raksasa teryata bukan hanya kisah fiksi belaka. Dalam artikel berikut ini, saya akan membahas tentang cacing raksasa, seekor hewan melata yang bagi sebagian orang dianggap geli ini ternyata mempunyai saudara yang berukuran cukup besar. Bagi yang membenci cacing, gambar - gambar berikut akan sangat mengganggu, jadi harap dipertimbangkan dahulu sebelum meneruskan untuk membaca artikel ini.


Cacing ini mungkin akan menjadi mimpi buruk bagi mereka yang sangat membenci hewan ini. Bagaimana tidak, cacing yang dapat tumbuh sepenjang setengah meter dengan diameter tubuh hampir satu inci tampak seperti monster dalam kisah fiksi. Lalu, cacing jenis apakah yang dapat mencapai ukuran seperti itu?


Di Brazil telah ditemukan cacing raksasa yang disebut Minhocuçu ( rhinodrilus ) oleh penduduk setempat. Cacing ini dapat tumbuh besar dengan mudah hingga penjangnya mencapai setengah meter. Apakah cacing ini sudah cukup besar? ternyata TIDAK. Keluarga Microchaetidae di Afrika Selatan dikenal masyarakat sebagai jenis cacing yang dapat tumbuh hingga satu meter. Lalu, apakah jenis cacing raksasa ini yang terbesar ? Ternyata ada yang lebih besar lagi, yaitu berasal dari keluarga Megascolecidae. Jenis ini diketahui bisa tumbuh hingga 2,4 meter panjangnya dengan ketebalan tubuh 24 milimeter.












Ilmuwan belum bisa mengetahui asal muasal cacing - cacing raksasa ini, yang jelas, beberapa jenis cacing raksasa telah berhasil diidentifikasi, bahkan ada yang diperkirakan telah punah.


Menurut ilmuwan, cacing raksasa sama sekali tidak berbahaya, hanya legenda tentang cacing raksasa yang menyeramkan seperti kisah Mongolian Death Worm telah membuat cacing raksasa ini dianggap berbahaya bagi sebagian orang. Mongolian Death Worm dikatakan sebagai cacing monster karnivora yang dapat mengeluarkan racun dan sengatan listrik untuk melumpuhkan mangsanya. Walaupun berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari Mongolian Death Worm, mahkluk ini belum ditemukan hingga saat ini.


Walaupun hewan ini tampak aneh, namun peranan hewan ini dalam ekosistem alam sangatlah penting. Di Brazil sendiri, cacing - cacing raksasa terancam dalam bahaya karena banyak diburu oleh masyarakat sebagai umpan pancing.

(forgetomori, wikipedia )

14 comments:

harits indi pradana said...

Anjrit,geli bgt..
Bsa d mkan ga ya??
:3

Vahn Saryu said...

Cb aja Rits,dngr2 cacing kn smber prtein,he..he
Btw,cpt smbuh y

Lica Lawliet said...

oh my God.. Jijik.. Jd mual.. T.Ta

Vahn Saryu said...

Maaf deh,diawal tlisan sdh sy srtakan prngtan bgi yg mmbenci cacing,sbaiknya dprtmbngkn dlu sblm mnruskn mmbca
Maaf ya,he..he

Ady Inbox said...

Kalo buat mancing ikannya pada kenyang ya... =D

X-Zone said...

wah cacing kaya gitu sich buat ngasih makan ikan araipaima tuh :)

Lica Lawliet said...

haha. Iya, emg udh dibilang gt.. Tp namanya jg manusia.. Semakin dilarang, malah semakin penasaran.. Wkwkwk! Tp nice posting koq vahn! Udh lm ga posting soal hewan.. Hehe -n,n-v

Vahn Saryu said...

@X-Zone
HAha..jngan lah, ntar cacingnya punah lo, kan hewan unik nih

@Lica
Sekali posting tentang hewan, langsung buat geli n jijik, haha..

rafly nugroho said...

hmmm ini sudah saya bahas kok di blog saya.. tentang mongolian death worm...

Vahn Saryu said...

Haha, kebetulan saya hanya fokus tentang cacing - cacing raksasanya kok bro, karena itu penjelasan tentang MDW tidak begitu lengkap :)

Richard Rondonuwu said...

akhirnya cacing ini diangkat juga oleh vahn..keren!!
Saya juga sempat ingin nulis tulisannya forgetomori ini di TYrips tapi gak ngerti...hihihi

btw, nih cacing kalo dibikin umpan buat mancing bisa dapet ikan apaan ya??wkwkwk
haaaaaaaa... 2,4 meter...buset dah!!!

Vahn Saryu said...

dapat ikan tuna mungkin kalo mancing di laut, hehe

Wilsonkyhl said...

dapat ikan tuna mungkin kalo mancing di laut, hehe

Anonymous said...

Bukan tuna lagi tapi hiu mako!!