Wednesday, July 14, 2010

Fenomena Alam Yang Menakjubkan

Alam kadang memang tidak bisa ditebak. Terkadang misteri di dunia ini berasal dari alam itu sendiri. Berikut adalah beberapa gambar keajaiban - keajaiban alam yang mungkin bisa membuat kita sedikit menghargai alam.


1. Sailing Stones atau Batu Yang Berpindah



Kisah mengenai fenomena ini begitu terkenal di seluruh dunia. Selama beberapa dekade, misteri batu berpindah di Death Valley masih membuat para ilmuwan bingung. Beberapa ilmuan berpendapat bahwa batu berpindah ini terjadi dari kombinasi hembusan angin yang kuat. Namun teori ini banyak memiliki kelemahan, diantaranya teori ini tidak dapat menjelaskan bagaimana batu seberat ratusan pound dapat berpindah dengan arah yang berbeda - beda. The sailing stones masih tetap menjadi misteri terbesar saat ini.

2. Columnar Basalt



Gamnbar menakjubkan diatas merupakan salah satu fenomena alam yang luar biasa. Terbentuk dari lava tebal yang mulai mendingin di area vertikal dengan kondisi tertentu,namun terbentuk dengan sempurna hingga mirip buatan manusia.

3. Blue Hole



Jika kita sering mendengar istilah black hole, maka di lautan ada pula istilah blue hole. Blue hole mendapat julukannya karena bentuknya yang menyerupai sebuah lubang. Jika kita lihat pada gambar diatas, sesungguhnya blue holes merupakan suatu wilayah di lautan yang memiliki kedalaman tertentu hingga membuatnya tampak seperti hole. Warna gelap dari blue hole disebabkan oleh kedalaman di wilayah tersebut berbeda dengan sekitarnya. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang digemari oleh penyelam.

4. Red Tides



Di laut ada darah dalam jumlah besar ? tentu saja tidak, red tides atau dikenal dengan nama pasang merah merupakan fenomena alam yang disebabkan oleh ganggang laut. Ganggang merah ini beracun dan berbahaya bagi hewan - hewan yang hidup disekitarnya, namun belum ada laporan mengenai manusia yang keracunan ganggang ini.

5. Ice Circle



Ice circle juga sudah pernah dibahas di blog enigma, jadi saya tidak akan berkomentar banyak mengenai ice circle ini. Fenomena alam yang sungguh menarik.

6. Mammatus Clouds



Salah satu fenomena alam yang menakjubkan, karena terbentuknya awan mammatus menandakan akan terjadinya badai besar dan cuaca buruk. Awan ini biasanya terdiri dari air dan es, dan formasinya terlihat statis hingga sepuluh atau lima belas menit.

7. Fire Rainbows




Jika anda mengira gambar - gambar berikut adalah hasil manipulasi gambar, anda salah. Pelangi api merupakan fenomena alam yang sangat langka. Fire Rainbow terjadi karena kristal yang terdapat dalam awan membiaskan cahaya kedalam berbagai spektrum, sehingga terlihat berwarna - warni. Fenomena ini hanya terjadi saat awan tertentu yang mengandung kristal bertemu dengan sinar matahari dalam waktu dan tempat yang tepat.

8. Sinkholes



Penjelasan mengenai sinkholes dapat anda baca di blog UNIVERSAL.

9. Penitentes



Penitentes merupakan es yang terbentuk di daerah pegunungan. Yang menarik dari fenomena ini adalah, es yang terbentuk akan bertahan cukup lama meskipun terkena sinar matahari karena suatu mekanisme alam yang unik.

10. Lenticular Clouds



Fenomena awan unik lainnya. Awan yang berbentuk mirip UFO ini terbentuk dari angin yang bertiup kencang ketika melewati objek yang berbentuk besar seperti gunung atau bukit.

11. Light Pillars



Pilar cahaya juga merupakan fenomena alam yang unik. JIka sebagian besar orang masih menganggap pilar cahaya adalah suatu misteri, maka alam mungkin bisa menjelaskannya. Pilar cahaya terjadi ketika sumber cahaya atau sorot lampu jalan yang cukup terang melewati kristal - kristal es yang terkandung di dalam awan, sehingga menimbulkan efek seperti gambar diatas. Fenomena ini juga merupakan fenomena yang langka.

12. Sundog



Fenomena alam yang menunjukkan matahari seolah terbagi menjadi tiga. Karena fenomena sundog juga sudah dibahas di blog enigma, maka saya tidak akan mejelaskan panjang lebar lagi.

13. Fire Whirls



Pusaran api merupakan fenomena yang menarik. Pusaran api terjadi ketika kombinasi antara kondisi iklim setempat dengan kobaran api. Pusaran api sering terjadi ketika kebakaran hutan terjadi, dan menimbulkan kerusakan hebat. Dengan kecepatan mencapai 100 mil per jam, pusaran api mampu menghanguskan sebuah komplek perumahan kecil dalam 20 menit.

14. Orange Moons



Bulan yang berwarna oranye juga merupakan salah satu fenomena alam yang unik. Ketika bulan muncul lebih rendah daripada cakrawala, sinar matahari yang terpantul itu melewati atmosfir bumi yang lebih besar, sehingga secara perlahan - lahan bulan akan tampak berwarna oranye.

Sekian dulu postingan mengenai fenomena alam yang luar biasa. Sebelumnya maaf jika artikel serupa sudah pernah diposting, saya hanya bermaksud berbagi dengan para pembaca sekalian. Saya akan memposting keajaiban - keajaiban alam lainnya di lain kesempatan. Semoga bermanfaat, Salam.

( webecoist.com, wonders-world.com )

14 comments:

Ady Inbox said...

Wow,keren... !! =D
Saya paling suka fire rainbow, keliatan eksotis banget.... =)

Kunjungi blog saya ya, skalian minta tukeran link, link anda udah saya pasang... =D

Anonymous said...

pertamaxxx nih kyanya

Anonymous said...

pertamax ga yea???

like this post. . .
^^//
keep posting vahn. . .

q tunggu^ looh update.an kalian(para bloger misteri termasuk vahn) eheheh

alaupun jrng comment tpi q ska bca looh ehehe

by lucie

rafly nugroho said...

sundog itu mirip kaya Halo ya????

yg tentang sinkhole di blog saya juga ada kok

Vahn Saryu said...

@Adi Inbox
Ok bro, link anda akan segera saya pasang

@Rafly Nugroho
Link anda juga saya pasang sekalian ya bro, thanks :)

X-Zone said...

Pertamaxx plus..
wow indahnya alam ini...Apalagi klo kita bisa menjaganya pasti akan lebih indah.nice posting bro..

Andika said...

Thanks ya Vahn, ternyata kamu memasukkan salah satu artikel saya disini.

Vahn Saryu said...

@ Andika
Sma - sma, daripada nanti sy menyajikan berita yang tidak tepat, maka sy ambil referensi dari blog kamu :)

Anonymous said...

dari Tresna Asti

mammatus ny imut banget..!!!
Waduw.. Blue hole itu dalem deh kayaknya.. Kalo masuk ke dalem blue hole, kyk nyelam biasa ya penampakannya disana??

Pusaran apinya kayak petir y.. Beda y?

Yg no2 lucu!
Keren Vahn..!!!

Anonymous said...

Crop circle g msk nih..hehe,,btw seharusny walopun uda dbhs d blog lain,ttp dijelaskan sedikit krn blm tentu pembaca blog ini sdh membacany..

Lica Lawliet said...

Mammatus Clouds luccuuuu~~ >,<v
Fire Rainbow ciamik banget... :D

ayo vahn, tambah lg fenomena alamnya... hehehe... -n,n-v

dea_avion said...

wow , keren banget kak Vahn . .
Izin copas yaa . . .

Vahn Saryu said...

@ Dea_avion
Silahkan :)

Anonymous said...

Mammatus clouds dbilang lucu? Koq aku ngeliatnya syerem yak? Bulet bulet gtu? Suka yg sundog. Sayang,lum pernah liat langsung.. Hehe..
Salam,
Nee