Saturday, June 26, 2010

Hire Benakal, Situs Megalitik Dengan Konstruksi Unik

Di sebuah wilayah di bagian selatan India, terdapat sebuah situs megalitik kuno yang memiliki bangunan dengan konstruksi unik. Hampir seluruh bangunan di tempat ini dibangun dengan menggunakan batu dengan ukuran yang besar. Bagaimana keunikannya ?


Di bagian selatan India, tepatnya di Hire Benakal, sebuah situs megalitik kuno ditemukan dan diduga tempat ini merupakan sisa - sisa peradaban India kuno yang telah berumur ribuan tahun yang lalu.



Tempat ini diduga merupakan sebuah makam megalitik, disusun dengan menggunakan batu granit setinggi 10 kaki dengan berat masing - masing batu yang mencapai 10 ton.



Kawasan makam megalitik ini terletak di lahan berbatu dengan luas sekitar 50 acres. Informasi mengenai tempat ini sangat sulit diperoleh, bahkan di wiki pun informasi mengenai tempat ini tidak ada.



Bagaimana pun juga, makam megalitik ini tetap menakjubkan. Yang membuat saya penasaran adalah bagaimana masyarakat India kuno membuat bangunan - bangunan yang tersusun dari batu dengan berat puluhan ton hanya dengan menggunakan peralatan seadanya? Ini membuktikan bahwa peradaban zaman dahulu tidak bisa kita anggap remeh begitu saja. Bahkan terkadang dengan menggunakan peralatan modern di zaman sekarang, belum tentu bisa menghasilkan bangunan yang sama.





Belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana masyarakat India kuno membangun tempat ini. Beberapa batu yang ditemukan menunjukkan bahwa batu ini sengaja diukir sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan, sedangkan yang lain dibiarkan dengan bentuk aslinya.







Oh ya, saya tidak menemukan informasi mengenai siapa yang pertama kali menemukan situs ini. Tetapi, setidaknya satu dari sekian banyak tempat misterius di dunia ini telah ditemukan. Bagi para pembaca yang mengetahui informasi mengenai situs ini, silahkan di share

( abovetopsecret.com, www.archaeology.org )

16 comments:

Lica Lawliet said...

Pertamaxxx ga nih?? >,<o
Keren bnget! Saingannya coral castle. Hehe
Koq kaya pernah liat di film2 gt ya tempatnya ini?? Hmm..

Anonymous said...

dari Tresna Asti

pertamax..
\\(^___^ )//
sama kali y, susahny buat sitUs ini, candi borobudur, 'n piramida.. Tapi ada kan manusia modern yg bisa buat bangunan semacam ni.. Siapa gt namany..
Hmm..
(*lg coba mengingat*)
hupf! Ga inget..
(~___~ )"|||

btw..
Kereeenn Vahn!!!..
d^___^b

Vahn Saryu said...

Menurut saya lebih rumit coral castle dari ini, tapi klhtannya bangunan ini jauh lbih tua dari coral castle

Anonymous said...

dari Tresna Asti

hallo kak Lica.. Salam kenal y..
=D

ohoho, oya,, coral castle... Otak saya sgd lambat menghapal nama..
~___~

Andika said...

Gila Vahn Gilaaaaaaaaa.

Postingannya cepet banget, :))))))))))

Kalau saya sih jujur saja kagak sanggupp

Vahn Saryu said...

Walah Dik, sy sh cm hobi mnulis,kalau nggak mood y cm nyusun draft aja,he..he..he
Lgpula,sy msh bljr mngnalisa,biar bs shebat enigma,kamu,reza,lica,chris,myheart2105,u-tell,n dll yg nggak bsa sy sbtin satu prsatu :)

Andika said...

Vahn, kamu buat akun dilintas berita dan info gue saja, jadi kalau habis nulis, artikelnya bisa di cantumin disana.

Lica Lawliet said...

@tresna asti : hai d.. Btw, km umur berapa? Saya takut salah manggil km ade.. Hehe -n,n-'a

@vahn : weitzz!? Sy ga bs analisis loh vahn.. Tp klo jd penggembira diblog2, iya bs.. Hehe :P

my city_van said...

kalo saya jangan di sebutin ya...soalnya paling males nganalisa....bukan males sih emang ga mudeng...wakkak...peace:)

Anonymous said...

hei, vahn!!! bener nih umur situs ini baru 1000 th lebih? berarti masih lebih tua borobudur dong! (1000 th yg lalu berarti sekitar th 1000 masehi, sekarang kan th 2010 masehi, sedangkan borobudur dibangun sekitar abad 7 atau 8 masehi) dan kalo gitu peradapan kuno india masih lebih tua indonesia! apa gak salah?

cuma mau ngingetin, peradaban kuno india dianggap yang paling tua, muncul sekitar 3000 th SM (sekitar 5000 tahun yang lalu). jadi kemungkinan usia situs megalitik hire benakal harusnya lebih tua lagi dong. masak peradaban kuno india yang sudah sangat maju lebih dulu muncul dari pada kebudayaan megalitiknya, apa gak salah, tuh?

bukan kah kebudayaan megalitik muncul terlebih dahulu kemudian digantikan/berjalan beriringan dengan kebudayaan yang lebih baru dan maju.

Logika MJ

Vahn Saryu said...

@Andika
Boleh jg srannya,nti sy cek dl y k situsnya :)

@lica
Tp trkdng kmu jg ikt nganalisa gt lo :)

@my city_van
Cb sja mnganalisa,seru lho,he..he..he

@logika MJ
Sy td jg sdh mnulis bhwa info mngnai situs ini sgt2 minim,smpai2 di wiki tdk ad infonya..jd bgi pmbc yg lbh thu mngnai stus ini maupun sjrh prdaban india,slhkan dtmbhkan..krn sy hny mngndalkan smber diatas :)

Anonymous said...

dari Tresna Asti

@lica: ga apa".. PangGil ade/dd saja.. Saya masi imuT" kok.. Hohoho (narsis.coM)
^___^

Lica Lawliet said...

@vahn : haha! Thx deh vahn.. -n,n-a

@tresna : walah, gimana yah.. Sy jg masih imut2 cute gt.. Wkwkwkwk! *narsis mode* XD

(sorry vahn, sy terlalu narsis..) hehe :P

Mahadaya said...

Menurut al quran, bumi ini diwarisi oleh hamba2 tuhan yg beriman. Kebangkitan agama tuhan akan membuka mata manusia ttg kehebatan manusia yg diciptakan tuhan dan menjadi pentadbir alam semesta. http://1asalama.blogspot.com

Andika said...

Vahn, aduh jangan2 karena saya bilangin updatenya cepet banget, jadi dilambatin sekarang heehehehehe

Kapan Vahn Update lagi

Vahn Saryu said...

@Andika
Baruy saja saya update,hee..he..he, kompi habis troubl, jadi belum sempat nulis lagi :)
Btw, manfaatnya gabung di lintasberita dan infogue apa Dik? sori, saya beru denger soalnya, he..he..he