Wednesday, May 12, 2010

UFO di Iguazu Fall, Argentina

Penampakan UFO memang tidak akan ada habisnya. Kali ini sebuah foto yang diambil di air terjun Iguazu Fall menunjukkan sebuah UFO yang melintas. Tapi, saya pribadi ragu akan kebenaran foto ini. Mari kita cari kebenarannya dari sudut pandang yang sederhana.


Sepasang suami istri dan putranya sedang berlibur di air terjun Iguazu, Argentina. Lalu, pada sekitar pukul 04.00 waktu setempat, mereka lalu meminta seorang warga Meksiko untuk membantu mengabadikan gambar liburan mereka di tempat itu. Saat itu, hujan baru saja berhenti.

Kemudian, orang Meksiko itu pun mengambil gambar mereka. Ketika pasangan itu melihat hasilnya, mereka terkejut dengan apa yang mereka lihat. Tampak sebuah benda asing, terbang diatas air terjun Iguazu.



Orang laki - laki yang ada didalam foto itu kemudian mengirim fotonya ke ufocasebook.com. Ia mengatakan foto itu diambil pada tanggal 21 April 2010 pukul 03:54 dengan kamera Canon EOS 40D.

Tidak ada keterangan lagi yang diberikan oleh si pengirim foto. Jadi, mari kita analisa sendiri kebenaran foto ini. Pertama mari kita lihat fokus pada benda asing itu. Saya telah mengunduh file yang diklaim foto aslinya, anda dapat unduh disini ( maaf tidak dapat saya sertakan dipostingan ini, karena akan menyebabkan loading menjadi lama ). Jika kita zoom objeknya, tampak objek itu sangat out of focus. Sekarang kita bandingkan dengan pohon di sekitarnya, walaupun kurang fokus, kita masih dapat melihat dengan jelas ranting pohon itu.



Kedua, Jika memang objek itu benar UFO yang melintas, berarti UFO itu terbang dengan kecepatan tinggi. Tapi tunggu dulu, coba lihat efek blurnya, sebenarnya, kemanakah arah UFO ini terbang? Lagipula, saya tidak menemukan ( atau mungkin belum ya, he..he..he ) keterangan bahwa foto ini diambil dengan kamera Canon EOS 40D.

Ketiga, orang Meksiko yang mengambil gambar tidak menyadari ada objek yang begitu mencolok terbang di atas air terjun Iguazu, ini mengindikasikan bahwa objek itu memang terbang dengan kecepatan tinggi.

Keempat, mungkinkah ini hanya sebuah rekayasa ? Entahlah, mungkin para ahli pengolah gambar bisa mengungkapkannya, saya hanya mencoba menganalisa dengan sederhana. Jika memang benda ini adalah sebuah UFO, saya penasaran akan manuver terbang dari UFO ini. Atau mungkin kalian punya pendapat sendiri ?

( www.ufocasebook.com )

11 comments:

Anonymous said...

Kiki wowo said; pertamaxxx...................Baca dulu ah

farry said...

Kalo dpkr2... yg disangka UFO itu ada kemungkinan cuma serangga aja yg bergerak dari arah pohon bukan di atas air terjun. Dari blurnya bisa kelihatan kalo objeknya bergerak gag dgn kecepatan tinggi ato mgkn sedang diam. Menurut aq, blur objek tsb tercipta karena kepakan sayap. Upz... coba perhatikan lagi gbr orangnya.. pencahayaannya agak berbeda dgn latar... hehe...

Vahn Saryu Personal Blog said...

Hmm..sprtinya anda benar bro, good job! Stlah sy amati lbh tliti, trnyt objek i2 brda ddpan phon dan psutri i2. Ini mgkn mnjlaskan mngpa objek i2 tmpk brchaya,sdng efek blurnya brasal dr kpakan syp si srangga

Fariz 'riez' said...

setelah aku teliti,
gini,
objek tu emang UFO (benda gak di ketahui) tpi bukan brarti ET ato pesawat alien.
objek itu jg berada di dpan ranting pohon sebelah nya, dan aku kira itu cuma kupu-kupu yg lagi terbang, cuma krn kamera yg di pake fokus ke arah orang nya, jdi benda di belakang nya jdi agak buram dan di tambah lagi kepakan sayap kupu-kupu itu lbih banyak drpd FPS kamera itu..

Neo of Thunder said...

arah blurnya sedikit meragukan... (ke kiri bawah)

Anonymous said...

udah tau hoax koq diposting?

Vahn Saryu Personal Blog said...

@ Anonymous
Saya belum menemukan medi ayang mengatakan bahwa foto ini hoax. Setelah saya dan beberapa teman disini mencoba menganalisanya, kemungkinan foto ini hanyalah hoax belaka. Bukankah akan semakin menyenangkan jika kita saling share pendapat kita untuk mengungkap sebuah misteri ? :)

Anonymous said...

kalo analisa gw,itu bukan photoshop,tapi hasil foto studio.backgroundnya bukan air terjun asli, tapi gambar pemandangan air terjun yang jadi background foto studio (sama kyk kain merah/biru yang biasa jadi background waktu pas foto).
dan objek aneh itu cm serangga, mungkin kupu2 (kalo diliat dari polanya yg simetris di sayapnya) yang kebetulan nempel di gambar backgroundnya (yang kebetulan menggambarkan langit)

Anonymous said...

ini anonymous lagi wkwkwk..bukan bermaksud spam,cuma mau menambah keterangan aja.teori gw sebelumnya menjelaskan kenapa pencahayaan pada ketiga orang tersebut berbeda dengan latar belakangnya. dan kalau anda lihat dengan teliti,terlihat kalau dibawah "UFO" tersebut ada bayangan yang menunjukkan kalau "UFO" tersebut menempel pada benda yang padat dan datar, dan bukannya langit seperti terlihat pada gambar.

perjaka said...

coba liat di jam tangannya, itu sih kaya jam 5 kurang 5 menit, bukan jam 4.

kalo di cek EXIF imagenya kok headernya error? udah di rekayasa kayanya.

Kalo dibilang backgroundnya flat/gambar, kayanya ngga, coba liat bayangan roknya si ibu ngikutin bentuk kayu

Warna cahaya bisa beda karena fotonya pake lampu flash jadi object jauh ga kena cahaya makanya jadi beda.

UFO nya sih sepertinya memang kupu2, dia terbang di depan kamera.

Maap kalo salah, cuma urun rembug.

Anonymous said...

gw kyknya setuju sm bang anonymous,keliatan banget kupu2nya nempel di tembok.kalo masalah bayangan rok,mungkin cuma bangku kayunya aja yg asli,lainnya mural