Monday, May 17, 2010

Crop Circle 16th May 2010, Muncul Di Yarn Bury Castle, Inggris. Hoax ?

Crop circle kembali dilaporkan muncul di Inggris. Kali ini sebuah crop circle muncul di kawasan Yarn Bury CAstle, nr Winterbourne Stoke, Wiltshire, Inggris. Bagaimana bentuk crop circle kali ini ?

Crop circle yang terbentuk dekat dengan crop circle Stonehenge di Inggris ini dilaporkan pada tanggal 16 Mei 2010. Karena crop circle ini baru, mohon maaf sebelumnya jika saya hanya menyertakan satu foto. Jika ada foto terbaru, saya akan segera menambahkannya.

Sama seperti crop circle pertama, crop circle kali ini juga terbentuk di ladang tanaman Oilseed rape. Gambar di bawah merupakan foto yang diambil oleh Andrew Pyrka.



Crop circle ini hanya berjarak sekitar 3 mil dari crop circle di kawasan Stonehenge yang muncul pada tanggal 9 Mei 2010. Namun, ada sebuah kontroversi mengenai crop circle kali ini.

Seseorang yang bernama Julian Gibsone mengatakan bahwa crop circle ini kemungkinan hanyalah hoax belaka. Dia melakukan observasi sederhana dengan mengamati letak dari crop circle itu.

Images by Steve Alexander

Dia mengatakan bahwa crop circle ini terbentuk di ladang Canola yang arahnya berlawanan dengan jalan raya. Dia juga menemukan kejanggalan lain pada crop circle ini.

Kemudian dia mengelilingi kawasan itu,dan menemukan sesuatu. Dia menemukan sebuah jalan kecil yng dikelilingi semak -semak, dan ia pun mengikuti jalan kecil itu. Di ujung jalan kecil itu terdapat sebuah pagar berduri yang mengelilingi kawasan Yarn Bury Castle. Anehnya, pagar ini seperti telah dipotong oleh seseorang, sehingga akses ke ladang ini menjadi mudah. Dia beranggapan siapa saja bisa masuk ke daerah ini dan membuat crop circle.

Images by Steve Alexander

Dia kemudian menyimpulkan hasil pengamatannya, antara lain :

1. Tanaman oilseed rape di ladang Canola seolah ditekan dengan paksa agar merunduk.

2. Banyak ditemukan batang tanaman yang patah, sedangkan batang yang merunduk jarang ditemukan seperti pada crop circle di Stonehenge.

3. Kelopak dari tanaman ini banyak ditemukan di crop circle.

4. Garis yang terbentuk tidak rapi, agak bergelombang, berbeda dengan crop circle pada umumnya.

5. Citra dari crop circles tampak tumpang tindih.

6. Beberapa "lingkaran yang kecil" tampak berbentuk persegi, sedangkan yang lainnya berbentuk lingkaran.

7. Banyak "lingkaran kecil" yang tidak simetris.

8. Pembuatnya seperti tidak konsisten dengan apa yang dibuatnya kali ini.

Julian gibsone mengatakan bahwa manusia tidak bisa meniru apa yang dibuat oleh the real crop circle creator. Kita memang belum bisa memastikan apakah pernyataan Julian Gibsone tentang crop circle ini benar atau tidak karena foto aerialnya hanya satu.

Images by Stuart Dike

Tapi, menurut saya, jika ini memang buatan manusia, dengan cara apa dan berapa lama waktu yang mereka butuhkan untuk membuat crop circle ini ? Walaupun hasilnya seperti yang dikatakan Julian Gibsone tidak rapi, tetap saja ukuran crop circle ini besar.

Oh ya, jika ini memang dibuat oleh manusia, mungkin saja ada saksi mata yang menyaksikan kegiatan mereka ketika membuat crop circle, tapi saya tidak menemukan pernyataan adanya saksi mata tentang crop circle ini. Dengan ukurannya yang besar, tidak mungkin manusia bisa menyelesaikannya hanya dalam waktu semalam dengan peralatan sederhana.

Well. ini hanya opini sederhana saya, mungkin teman - teman yang lain punya pendapat masing - masing, silahkan di share. Jika foto aerial tentang crop circle ini telah bertambah, saya yakin kita bisa mengetahui apakah crop circle ini buatan manusia atau buatan crop circle creator. Jadi, tunggu saja update foto mengenai crop circle ini. Salam...

11 comments:

Draco said...

Huhuy....

Pertamax...
Baca dulu ah...

harits indi pradana said...

Wawh,cc lg..
Gnti jd 'vahn crop c. Lover aj bro..
(='3^=)

Anonymous said...

kalau ini sih gak perlu pake ilmuwan buat nelitinya,

Udah keliatan kok CCnya dipangkas bukan merunduk

Lincoln said...

jika crop circle ini dibuat manusia mungkin saja lebih dari satu orang dan mengerjakanya saat tengah malam jd tidak ada orang yg memperhatikan, apa lagi di tengah ladang -.-
tapi siapa yg tau kan hehehe... mungkin saja ini the real crop circle creator tp bikinya lg ga mood terus lg galau hahahhahaha

Vahn Saryu Personal Blog said...

@ Lincoln
Lkasi ldang tmpt mnculnya crop circle ini dkat dgn jln ry, jika yg mmbuatnya mnusia, apa mungkn mrka bs mngrjakany tnpa bntuan pnerangan di mlm hr? Bkankah jka mnggnakan pnerangn akn trlhat mncolok,aplg dtngh ldng. Atau bsa sj sprt yg km blng, crop circle creatornya lg g mood mmbuat crop circle,he..he..he :)

Richard Rondonuwu said...

wih.., keren
Nice info!!!

"Bumi mungkin kecil, tapi alam semesta kita sangat besar"

hehehe, salam kenal bro!!!

Lincoln said...

emm iya ya deket jalan raya, tapi sepertinya jika tengah malam kan mobil lumayan sepi, jika mobil melihat atau melewati mereka sepertinya tidak terlalu mencolok atau tidak "ngeh" karena crop cirlce kan hanya dapat diliat dengan jelas dari atas, jadi ketika ada mobil lewat dengan sekilas mungkin mereka pikir hanya orang yg sedang bermain diladang atau bekerja diladang hehehe, tp bener jg kalo mereka pake penerangan pasti mencolok, tp mungkin saja mereka sudah merencanakanya. kalo diliat memang terlihat kasar, ah dasar seniman emg susah mungkin crop circle creator nya mau bikin model baru -..-

Mystery of the World said...

saya kira copas dari enigma
ternyata bukan

nice job ...
sumber sama, tapi isi beda
lebih lengkap dijelasinnya ya ...
much better gan

anakkucing said...

salam kenal bro..
anu.. maaf bro, mau tanya dikit..
"Dia mengatakan bahwa crop circle ini terbentuk di ladang Canola yang arahnya berlawanan dengan jalan raya. Dia juga menemukan kejanggalan lain pada crop circle ini."

dari kalimat tsb saya simpulkan bahwa crop circle yg berlawanan dengan jalan raya adalah janggal..
apakah itu berarti ciri2 dan karakteristik crop circle adalah tidak berlawanan dengan jalan raya? karena setau saya karakteristik crop circle masih belum ada yg berhubungan dengan jalan raya atau mata angin (misal: crop circle dikatakan asli adalah yg menghadap utara..ini misalnya loo, bukan beneran), nah kalau begitu seharusnya ada referensi yg memang mengatakan karakteristik crop circle adalah tidak berlawanan dengan jalan raya..
saya sebenarnya agak bingung, yg dikatakan berlawanan dengan jalan raya dari segi apanya ya bro?
karena kita sendiri kan sebenarnya tidak mengetahui mana "kepala" atau "ekor" crop circle tersebut..
semua penikmat atau peneliti crop circle itu selalu menginterpretasikan sesuai dengan apa yg perna kita lihat sebelumnya, padahal menurut saya belum tentu itu maksudnya..
mungkin kl untuk memberinya "label" saya setuju, untuk mempermudah mengingatnya..

yah, saya tidak mengatakan crop circle ini bukan hoax atau hoax, saya juga tidak mengatakan ini buatan manusia atau the real phenomenon, saya hanya merasa bingung dengan kalimat tsb..

oh ya, kalau boleh, saya ingin menambahkan sedikit.. menurut pyrka, bukan BANYAK batang yg rusak, tapi SEMUA batang rusak dan bisa mengakibatkan tanaman mati.. so sad..
("EVERY stem was broken, no symmetry or geometric perfection and with a design of masonic nature it gave of a very negative feeling. In this case all plants within this creation will die.." sumber: http://www.cropcirclewisdom.com/2010/2010season/may/cropfever/cropfever.html)
menurut saya ini pembantaian.. ngga perlu deh buat crop circle kl harus mengorbankan kehidupan makhluk hidup lain.. ngga penting juga..

CMIIW..

Vahn Saryu Personal Blog said...

Masalah arah crop circle ini memang menjadi perdebatan apakah berlawanan dengan jalan raya atau tidak, namun jika kita melihat foto aerialnya, saya rasa kita akan tahu yang dimaksud dengan berlawanan arah sesuai apa yang dikatakan smber di cropcircleconnector.com.
Terima kasih atas info tambahannya, sangat berguna :), memang ada sesuatu yang membuat crop circle ini berbeda

Betts said...

wih.., keren Nice info!!! "Bumi mungkin kecil, tapi alam semesta kita sangat besar" hehehe, salam kenal bro!!!