Thursday, May 6, 2010

Misteri Rama Bridge, Jembatan Tertua di Dunia

Jembatan Rama merupakan salah satu tempat misterius di bumi ini. Belum ada yang tahu apakah jembatan ini merupakan hasil karya manusia atau hasil kreasi alam. Ilmuwan pun berusaha memecahkan misteri dibalik jembatan yang luar biasa ini.


Rama Bridge dilihat dari udara

Jembatan Rama atau ada juga yang menyebutnya Jembatan Adam adalah sebuah rangkaian batu kapur dan karang yang memisahkan teluk Mannar dari selat Palk. Bukti geologi menunjukkan bahwa jembatan ini adalah sambungan tanah bekas India dan Srilangka.

Jembatan sepanjang 30 km ini terdiri dari batuan kapur, karang dan tanah. Air laut di daerah ini pun sangat dangkal, karena ketinggiannya berkisar antara 1 sampai 10 meter. Walaupun dangkal, mustahil jika melewati jembatan ini karena air laut mudah pasang, selain itu juga terlalu dangkal jika dilewati sebuah kapal. Menurut cerita dalam relief candi ( saya lupa nama candinya), jembatan ini selesai dibangun diatas laut hingga suatu saat angin topan merusaknya pada tahun 1480 Sebelum Masehi.

Asal Mula Rama Bridge

Jembatan ini pertama kali disebut dalam epik sansekerta kuno. Dalam buku Books of Roads and Kingdoms karya Ibnu Khordadbeh, dunia barat baru mengenal jembatan yang luar biasa ini. Menurut epik Ramayana, jembatan ini dibangun oleh Vanara ( Manusia kera, kita mengenalnya sebagai hanoman )untuk Rama. Jembatan ini kemudian menghubungkan negeri langka atau ngalengka, dimana Sinta telah diculik oleh Rahwana. Singkat cerita, Rama akhirnya bisa mencapai negeri ngalengka untuk menyelamatkan Sinta dan bertempur melawan Rahwana.

Gambaran pasukan kera yang membangun Rama Bridge

Kisah lain menceritakan bahwa jembatan ini digunakan oleh nabi Adam A.S untuk mencapai puncak gunung yang disebut " Puncak Adam " dimana nabi Adam A.S bertobat dengan berdiri menggunakan satu kakinya selama 1.000 tahun. Konon, di puncak gunung itu, jejak sang nabi diyakini masih ada. Nama puncak gunung dan jembatan itu diberikan setelah legenda ini terkenal.

Lokasi Rama Bridge



Jembatan Rama dimulai dari ujung pulau Dhanuskodi, India dan terbentang hingga pulau Mannar, Sri Langka. Wilayah di sepanjang jembatan Rama seperti Danushkodi, Rameswaram, Devipattinam, dan Thirupullani disebutkan dalam epik Ramayana. Jadi, benarkah kisah Ramayana itu merupakan sebuah peristiwa nyata? belum ada yang mengetahuinya secara pasti.

Struktur Geologi

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, Jembatan Rama terdiri dari rangkaian batuan kapur dan terumbu karang. Jembatan ini dulu diketahui sebagai jembatan yang terbesar di dunia sebelum pecah menjadi rangkaian batu kapur karena pergerakan lempeng bumi. Teori lainnya menjelaskan bahwa dahulu India dan Sri Langka adalah satu pulau. Karena berbagai aktifitas vulkanik maupun geologi selama ribuan tahun, pulau ini terpisah hanya menyisakan strukutur seperti yang kita kenal dengan Jembatan Rama ini. Hal ini dibuktikan dengan temuan rangkaian terumbu karang yang terbentuk di sepanjang Jembatan Rama. Terumbu karang itu merupakan hasil evolusi selama ribuan tahun yang terbentuk akibat longsornya permukaan tanah karena terus dikikis oleh air laut. Jadi menurut ilmuwan intinya adalah, jembatan ini dulunya merupakan sebuah daratan. Karena berbagai aktifitas geologi selama bertahun - tahun, daratan ini kemudian longsor dan lambat laun terkikis oleh laut sehingga tergenang. Setidaknya. itulah pendapat para ahli, bagi saya suatu kebetulan yang luar biasa bila alam bisa membuat struktur seperti itu.



Konon, jembatan ini dianggap sebagai pelindung India ketika tsunami yang meluluhlantakkan Aceh pada 2004 menerjang. Namun, tidak ada bukti ilmiah mengenai ini, jadi hanya sebuah opini masyarakat India saja.

Kontroversi

Jembatan Rama merupakan struktur yang dianggap keramat oleh masyarakat Hindu di India. Mereka yakin bahwa jembatan itu benar - benar dibangun oleh pasukan kera putih pimpinan Hanoman. Jembatan yang menghubungkan India dengan negeri Ngalengka itu kemudian digunakan oleh Rama untuk menjemput Sinta yang diculik.



Namun, beberapa media Amerika memberitakan bahwa jembatan itu adalah murni fenomena alam. Media - media itu mengklaim bahwa NASA selaku sumber mereka akan memperkuat pemberitaan itu. Mereka mengatakan lewat citra satelit, NASA mengatakan bahwa jembatan itu tidak sepanjang 30 km seperti yang banyak diberitakan di internet. Namun, NASA membantah jika mereka pernah mengeluarkan pernyataan yang membuat geram masyarakat Hindu itu. " Gambar yang tersebar di situs -situs web itu mungkin berasal dari kita, tapi interpretasi masyarakat terhadap gambar itu bukan tanggung jawab kita ", jawaban dari pihak NASA ( maaf, saya tidak dapat menemukan sumbernya )



Lalu, Sebuah tim dari Centre for Remote Sensing ( CRS ) dari universitas Bharatidasan yang dipimpin oleh Prof. Ramasamy mengatakan bahwa Jembatan Rama kemungkinan telah berusia 3.500 tahun. Setelah melakukan penelitian pada tahun 2003, zat karbon pada struktur Jembatan Rama diperkirakan cocok dengan kejadian dalam epik Ramayana. Namun, penemuan ini masih harus diteliti lagi.

Perkiraan usia jembatan itu didasarkan pada karang yang tumbuh dan zat karbon pada struktur jembatan. Hasilnya, struktur dibawah lapisan karang itu telah terbentuk selama ratusan tahun sebelumnya. Seorang mantan direktur Geological Survey of India, S. Badrinaranayan mengatakan bahwa pembentukan alam seperti itu tidak mungkin. Lalu, manakah yang benar ? ilmuwan yang mengatakan bahwa jembatan rama adalah proses alam ataukan kepercayaan masyarakat Hindu, bahwa jembatan ini adalah hasil buatan pasukan kera ? Menurut saya, biarlah menjadi misteri dan bagian dari bumi ini sebagai sebuah objek yang indah. Salam


(en.wikipedia.org, abovetopsecret.com )

23 comments:

Anonymous said...

Lecir Pertamaxx....

Naky said...

Hmm ... Trus kalo menurut Ka Van sndiri gmn ?? Apakah Jembatan Rama ini terjadi karena proses alam atau memang benar jembatan Rama ini di buat oleh pasukan Kera ??

Vahn saryu said...

@naky
kalau mnrut sy,sy lbh stuju mengenai pnjelasan ilmiahnya,karena jika ada sebab pasti ada akibat :)

MyMind said...

Nah, sebabnja itoe apa? Kalo emang karena aktivitas lempeng boemi adja kajaknja kebagoesan deh

Vahn Saryu Personal Blog said...

@MyMind
Soal bntuknya yg mnakjubkan, bs sja i2 adlah hsil pngkisan laut slama bribu-ribu thun, tp sy bkn ilmwan,ini hny pndpt prbdi sy,stiap org pst pnya pndpt yg brbeda kan? :)

Lica Lawliet said...

wah.... cantik sekali jembatannya.... >.<
bagaimanapun proses terjadinya, tp ini menjadi salah satu bukti klo bumi itu penuh dgn teka-teki. bukankah lebih baik misteri ini tetap menjadi rahasia? supaya lebih menarik lg. ehehehehe.... that's just my opinion doang loh.... ;)

Anonymous said...

Hmm... Kenapa opsinya cuma 2 ya? Monyet atau alam? Apa kemungkinan kalau itu buatan manusia sudah tertutup rapat?

@ lica lawliet: satu suara untuk anda :) Menurut saya, kalau saatnya tiba nanti pasti jawabannya akan muncul dengan sendirinya. Sampai saat itu tiba, nikmati saja alam ini dan misteri yang ada di dalamnya, sambil mencari pengetahuan yang tersimpan di dalamnya. Peace :)

u-tell

Lica Lawliet said...

@u-tell : hehehehe. ternyata ada yg sependapat dgn saya. :)

mengenai monyet atau alam, sepertinya karena mustahil manusia bisa membuat jembatan sebesar, seindah, dan di tengah laut seperti itu. lagian, manusia kan otaknya lebih encer dr monyet. jd manusia bisa mikir ke India atau ke Sri lanka bisa pake kapal.
klo monyet, mana ada mikir gitu? ahahahaha! peace! :P
mungkin klo soal monyet, itu hanya cerita dr epik ramayana.

jd, saya rasa kemungkinan terbesar, itu akibat alam. alam memang luar biasa & penuh teka-teki. hehehehehe

(maaf mr.vahn, saya komennya kepanjangan & ngga jelas. hehehehe :D)

Vahn Saryu Personal Blog said...

Hayo, pilih monyet atau alam ? he..he..he
Bukannya membatasi opsi, sebenarnya saya juga masih ragu, yang dimaksud dengan pasukan monyet di epik ramayan itu adalah monyet gaib atau monyet beneran. Jika pasukan monyet "beneran" kebayang kan seberapa banyak monyetnya :)

Lica Lawliet said...

saya pilih alam! itu yg paling masuk akal! >.<

klo di epik ramayana, yg saya tau Hanomannya itu makhluk gaib. tp pasukan monyetnya???
kayanya gaib juga deh.... hmmm.... =="a

8or9 said...

pasukan monyet ?
yg bener aja nyet...

Anonymous said...

patihsa
salam.. saya baca di blog enigma, disitu diperkirakan usia jembatan ini adalah sekitar 1.750.000 tahun yang lalu..
dan disini disebutkan usia jembatan ini sekitar 3.500 tahun yang lalu..

Vahn Saryu Personal Blog said...

@ Patihsa
Menurut Prof Ramasamy dari CRS " MUNGKIN " jembatan ini berusia 3.500 tahun, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa jembatan ini berusia lebih tua. Thanks

black hunter said...

menurut saya, ini merupakan bekas peradaban dan mungkin salah satu peradaban tertua di dunia spt piramid mesir, spinx, stone henge, dsb.

saya percaya bahwa dulu manusia pernah mencapai puncak iptek kemudian hancur kemudian bangkit lagi kemudian maju lagi dan yg terakhir adl qt!!!

499 said...

ntu sih bukan jembatan, tapi sisa pulau yang masih timbul di permukaan laut, jadi inget game yang lagi ai maenin ada jalan yang kayak gitu juga

Anonymous said...

saya mencoba melihat dengan batin dan merasa. Terlalu bagus buatan alam bila seperti itu,lalu saya hening, dan mencoba lebih turun kedalam. Memang itu buatan para wanara,dan mereka adalah mahluk gaib. 2 alam. pada jaman narayan (krishna),alam manusia dan alam gaib sering berinteraksi. ketika hanuman diangkat ke kahyangan,ia mendelegasikan tugas menjaga arwah rahwana di gn kendalisodo ungaran,pada wanara seta.smp saat ini kerajaan gaib mrk msh ada terbentang dari gd songo sampe dieng.mrk naik dataran tinggi dieng krn prnh tjd tsunami purba yg menghantam jawa sktr 1jt tahun lalu.

Anonymous said...

kalau segala hal harus dijawab secara ilmiah. Satu pertanyaan saya struktur apa yg menjadikan menjadikan alam beserta isix termasuk manusia

Gusti said...

ramayana benar, pembuatnya adalah pasukan hanuman,..bangsa hanuman ini unik mereka bukan kera, hanya mungkin mirip, keterbatasan pengetahuan penulis ramayana (Valmiki), sajalah yg membuatnya menulis mereka sebagai kera....

I Made K said...

saya rasa itu bisa jadi jembatan rama dan pembuatnya adalah sri rama dan pasukan keranya...ya kalo itu seras tidak mungki kita kembali pada ceria nabi musa yang membelah laut...hanya manusia biasa membelah laut??? pikir lagi coba
cerita ramayana bukan sekedar cerita itu ada dalam kitab suci seperti halnya adam...jaman dahulu memiliki kemampuan luar biasa karena keinginan tentang duniawi sangat minim sedangkan sri rama adalah tuhan itu sendiri yang menjelma sebagai manusia untuk menegakkan dharma...mohon maaf jikalau comentnya menyinggung

sukorata said...

Tidak semua bisa di jelaskan dengan ilmiah..bukti simpel saja.teori ilmiah mengatakan pisau yg tajam akan melukai dan memotong kulit karene ketajamannya..coba sndiri kl gk percya.nah akan tetapi ilmu gaib dan kebal yg membuat org itu tidak terluka oldh pisau tajam..itubukan dongeng dan ada.nyata apakah ada yg bisa menjelaskan secara ilmiah zat ala yg membuat nya tak terpotong.so..mau gkmau percy atau tidak kish sri rama itu ada danmengenai jembatan itu.q stuju kl itu da krn di buat..scara gaib bukan alam dan kbetulan.krn ada dan tertulis dlm kitab.yg usia kitab itu sendiri ada sebelum para buyut peneliti dan nasa lahir

yogi amor said...

hal ini mungkin saja buatan manusia pada jaman tersebut, yang dimaksud manusia "kera" mungkin adalah manusia yang berbulu lebat jadi bukan kera primata. manusia pada jaman itu totalitasnya sangat tinggi. mereka bisa buat candi, pyramid, dan bangunan yang mustahil diciptakan dalam pikiran kita. manusia pada jaman itu sangat patuh dengan pemimpin, jadi kalau raja bertitah pengikutnya dengan total mengerjakan titah raja tersebut. membangun jembatan seperti itu saya rasa tidak sulit untuk ukuran manusia jaman itu.


#opini

dewa gd angga prd said...

Saya percaya dengan semua penjelasan diatas jembatan ini memang di buat oleh sri rama. Kan sudah ada kitab yg menjelaskan terjadinya pristiwa ini. Jika mengenai penjelasan ilmiah saya kurang stuju . Dan yg berpendapat jembatan tersebut terbentuk oleh proses alam saya sarankan lebih banyak baca2 sejarah tentang cerita ramayana deh pasti percayaa :D jika jembatan tersebut di buat oleh tangan manusia hhahaa

wayan eka said...

Itu memang benar buatan pasukan kera dibawh printah rama untk menyebrang mencri sinta