Saturday, August 21, 2010

Serangga - Serangga Pembunuh ( Bagian 2 )

Pada bagian kedua ini, saya masih akan membahas tentang serangga - serangga yang memiliki kemampuan membunuh luar biasa. Pada bagian kedua ini, serangga - serangga yang akan saya tampilkan tidak hanya memiliki kemampuan lur biasa, namun juga memiliki fisik yang unik sebagai gambaran bahwa betapa kayanya keragaman fauna di bumi ini.



1. Pembunuh Lebah



Nama yang cukup aneh memang untuk sebuah serangga, namun memang itulah kenyataannya. YA, serangga ini memang gemar memangsa lebah - lebah yang suka berada diantara bunga - bunga. Ketika berburu, serangga ini lebih memilih menunggu dan bersembunyi, ketika ada lebah yang lewat didepannya, ia akan segera menyergapnya. Kakinya yang berbulu membantunya untuk mencengkeram mangsa, sehingga mangsanya tidak akan bisa lolos lagi, kemudian ia akan menyuntikkan racun kedalam tubuh mangsanya hingga mangsanya lumpuh.

2. Wheel Bug (Arilus cristatus )





Wheel bug merupakan salah satu dari serangga terbesar yang hidup di wilayah Amerika Utara. Serangga ini bisa tumbuh hingga berukuran 2 inci, cukup besar bukan untuk ukuran seekor serangga?
Sesuai dengan namanya, bagian punggungnya yang berbentuk mirip roda menjadi ciri khas serangga ini. Serangga pembunuh yang gemar memangsa ulat dan serangga kecil lainnya ini menggunakan "paruh" uniknya untuk mencabik mangsa, dan menggunakan cairan enzim khusus untuk melumpuhkan mangsanya. Gigitan serangga ini sangat menyakitkan, bahkan dalam beberapa kasus dikatakan bahwa luka yang disebabkan oleh gigitan hewan ini memerlukan waktu berbulan - bulan untuk dapat sembuh dan meninggalkan bekas luka yang pastinya sulit hilang.


3. Serangga Pembunuh Berduri ( Siasena Diadema )




Serangga Pembunuh Berduri adalah serangga pembunuh dengan fisik yang unik. Seluruh tubuh dan kakinya diselimuti oleh duri - duri yang berguna sebagai pertahanan dirinya. Serangga ini termasuk serangga kanibal, ia suka memangsa jenisnya sendiri walaupun terkadang berburu serangga kecil lainnya. Gigitannya sangat menyakitkan dan kulit serasa terbakar. Beberapa saat kemudian, di tempat bekas gigitan tersebut akan terasa gatal dan sangat mengganggu.

4. Pemburu Bertopeng ( (Reduvius personatus )





Satu lagi serangga pembunuh dengan nama yang cukup unik, yaitu pemburu bertopeng atau Masked Hunter. Di beberapa bagian tubuhnya terdapat bulu - bulu halus yang membuat debu dan pasir menempel, sehingga jika kita perhatikan dari jauh, serangga ini hanya tampak seperti tanah yang menggumpal. Serangga ini suka memangsa serangga kecil lainnya, namun jika diganggu, serangga ini akan menggigit dan gigitannya sangat menyakitkan.


5. Black Corsair ( Bajak Laut Hitam )




Black Corsair termasuk serangga yang berbahaya dan agresif. Serangga ini dikenal suka menghisap darah dari hewan lain seperti tikus, kelinci, dan hewan pengerat lainnya, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa ia juga suka menghisap darah manusia. Menurut sumber, dikatakan jika serangga ini suka menyerang bagian mata atau mulut mangsanya. Sayangnya tidak banyak informasi mengenai serangga ini.

6. Serangga Pembunuh Afrika



Serangga pembunuh Afrika mungkin termasuk salah satu dari serangga paling beracun didunia. Kekuatan racun serangga ini diketahui 10 kali lebih kuat dari racun ular kobra, sehingga banyak orang yang lebih menghindari serangga ini daripada mencoba membunuhnya. Seorang penjaga kebun binatang California dikabarkan meninggal ketika membersihkan tempat serangga ini berkumpul. Penyebab kematiannya adalah dosis racun dalam tubuhnya yang diduga berasal dari serangga ini terlalu tinggi, sehingga tim medis menduga bahwa orang tersebut digigit lebih dari satu serangga. Dengan kemampuannya itu, serangga ini mampu membunuh hewan lain yang lebih besar dan membuatnya sebagai salah satu serangga paling berbahaya didunia.

7. Lonomia Obliqua





Ulat yang satu ini memang sudah pernah dibahas di blog mbah ware. Ya, ulat kecil ini membuat ular kobra, viper, maupun ular - ular paling berbisa lainnya menjadi tidak berarti jika dibandingkan dengan kemampuannya. Ulat yang hidup di Brazil ini menimbulkan epidemi yang serius di wilayah Rio Grande du Sol ketika saat itu banyak penduduk yang mengalami gejala serupa yang belum pernah diketahui sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian, ternyata hewan yang menyebabkan penyakit misterius itu adalah seekor ulat bulu Lonomia Obliqua. Lalu, apa sih yang menyebabkan ulat ini begitu berbahaya, sampai - sampai jika kita bersentuhan sedikit saja dengan ulat ini dapat menimbulkan luka serius, bahkan berujung ke kematian jika lukanya cukup parah. Ulat yang memiliki ukuran sekitar 53, 5 mm ini diketahui memiliki racun yang dikenal dengan sebutan racun lonomia, menyebabkan reaksi kulit, infeksi kulit, luka bakar, pendarahan, hingga gagal ginjal dan menyebabkan kematian. Info selengkapnya bisa klik disini.

8. Laba - laba Black Widow Australia ( Latrodectus hasselti )





Laba - laba Black widow australia merupakan salah satu laba - laba paling beracun dan berbahaya di dunia. Laba ini lebih dikenal sebagai laba - laba punggung merah karena corak merah pada bagian abdomen laba - laba betina yang menjadi ciri khas jenis ini. Laba betina berukuran lebih besar, yaitu sekitar 1 cm,sedangkan jantannya berukuran kurang lebih 4 milimeter. Laba - laba betina juga dikenal suka memangsa laba - laba jantan setelah kawin. Selain kanibal, laba - laba ini terkadang memangsa hewan lain yang lebih besar seperti jangkrik dan kadal kecil. Laba - laba ini memiliki racun berjenis neurotoxin yang menyebabkan beberapa gejala jika sampai digigit oleh laba - laba ini seperti berkeringat, sakit kepala, demam, hipertensi, gemetaran, koma, gangguan pernafasan dan paru - paru, infeksi kulit, bahkan jika parah dapat menyebabkan kematian.

9. Kissing Bug



Kissing bug merupakan serangga parasit yang menyebabkan epidemi penyakit Chagas di wilayah Amerika Serikat bagian selatan hingga Argentina selatan. Serangga ini mencari mangsa di malam hari ketika sebagian besar mamalia tidak beraktifitas. Serangga ini memanfaatkan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh mamalia sebagai indikator keberadaan mamalia disekitarnya.

Penyebaran epidemi penyakit Chagas

Ketika ia mulai menghisap darah, ia juga memasukkan sejenis parasit T.Cruzi yang menyebabkan penyakit Chagas. Pada tahap akut, penyakit ini menyerang sistem syaraf, pencernaan, dan jantung. Penderita penyakit Chagas kronis biasanya meninggal akibat ritme detak jantung yang tidak normal. Penyakit ini sering ditemukan di Meksiko, Amerika Pusat, dan Amerika Selatan dimana gizi buruk dan buruknya kebersihan di wilayah ini menyebabkan mudahnya penyebaran penyakit ini.

Demikian beberapa jenis serangga - serangga pembunuh yang sebagian memang berbahaya bagi manusia, namun ada satu jenis serangga yang paling banyak menimbulkan kematian bagi manusia. Ya, serangga itu adalah nyamuk. Ada banyak sekali jenis nyamuk didunia ini,namun penyakit yang ditimbulkan oleh serangga ini tidak main - main. Sudah jutaan nyawa melayang akibat penyakit yang ditimbulkan nyamuk, seperti demam berdarah, malaria, dan lain - lain diseluruh dunia. Serangga ini memang sengaja tidak saya sertakan karena saya memfokuskan pada serangga yang jarang kita ketahui. Terima kasih sudah membaca artikel ini, salam.

(wikipedia, source sudah saya sertakan dalam artikel )

13 comments:

X-Zone said...

iiiih saya paling geli liat serangga,pa lg yg namanya kecoa...

Ady Inbox said...

Nama serangganya kali ini keren2... =D

harits indi pradana said...

ada yg di indo ga vahn?g ada kan?
:3

499 said...

serangga yang pertama kalo di-adu ama lebah macan menang maana ya? btw berarti serangga pembunuh afrika tuh lebih bahaya daripada tarantula donk? btw akhirny sudah kutunggu2

ada keinginan untuk membuat yang ketiga gak?

Republic Info said...

nice Info.. :)

Vahn Saryu said...

@Adi Inbox
Kalo menurut saya aneh - aneh malah, hehehe

@harits
saya kurang tahu Rits, kalo pun ada mungkin diimpor, wakaka

@499
Hmm...mungkin di lain kesempatan, hehehe, lagi nyari bahan postingan lagi bro :)

@Republic Info
Thanks sudah mampir :)

Andika said...

Bro seingat saya penulisan binomenal nomenklatur itu Kata pertama adalah Genus diawali huruf kapital dan kata kedua adalah spesies yang merupakan huruf kecil semua. Seingat saya begitu :D.

Bukan bermaksud mengajari :D, Correct me.........

Vahn Saryu said...

Maaf deh kalu salah, maklum saya tidak begitu mengerti dengan ilmu taksonomi, hanya berdasarkan source saja :)

enigma said...

Laba-laba black widow benar-benar cakep. Dia termasuk datu dari 10 hewan paling mematikan di dunia lho.

Vahn Saryu said...

Idem deh sama bro Enigma, hehehe

Andika said...

Kok lama sekali Vahn gak update :D

Lagi sibuk ya atau ada postingan mutakhir nih :)

Vahn Saryu said...

@Andika
Maaf Dik,sy br mndpt musibah,jd smntara ini sy blm bs mmpsting..thanks :)

Lica Lawliet said...

Haha. Laba2 black widownya aneh.. Baru kawin langsung jd janda.. Ga heran namanya widow.. Haha