Wednesday, August 4, 2010

New England's Dark Day

Pada tanggal 19 Mei 1780, sebuah peristiwa aneh sedang melanda wilayah New England dan Kanada. Langit yang cerah tiba - tiba berubah menjadi gelap gulita, hingga membuat penduduk ketakutan. Peristiwa yang kemudian dikenal dengan New England's Dark Day itu menjadi misteri tersendiri bagi sejarah negara itu, namun seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, sains mencoba untuk menjelaskan peristiwa tersebut.


Pada waktu peristiwa tersebut terjadi, banyak orang yang mengkaitkannya dengan fenomena supernatural, wajar saja karena memang saat itu bisa dibilang peradabannya masih primitif. Seiring berjalannya waktu, banyak ilmuwan yang mencoba untuk mendapatkan jawaban atas fenomena tersebut.



Seorang peneliti dari Universitas Harvard bernama Profesor Samuel Williams meneliti fenomena yang menghebohkan penduduk NE kala itu. Menurutnya, kegelapan tersebut menutupi seluruh wilayah bagian utara, dan meluas hingga ke bagian selatan menuju New Jersey, namun tidak sampai ke wilayah Penssylvania.

Laporan awal mengenai fenomena tersebut berasal dari Rupert, New York dimana saat itu matahari tampak kabur saat terbit.Profesor Samuel Willliam berkata, " kegelapan yang tidak biasa ini bermula antara jam 10 - 11 dan terus berlanjut hingga tengah malam pada malam selanjutnya."



Di Universitas Harvard, fenomena tersebut bermula pada pukul 10:30, memuncak pada pukul 12:45, dan mulai berkurang pada pukul 13:10 meskipun mendung tebal masih menyelimuti wilayah itu. Beberapa hari sebelum fenomena dark day, di NE matahari terlihat berwarna merah dan langit berubah menjadi kuning dan ketika Dark Day terjadi, banyak ditemukan jelaga di sungai - sungai dan air hujan yang mengindikasikan bahwa ada asap tebal selama dark day berlangsung. Ketika malam tiba, saksi mata mengatakan jika bulan berwarna merah. Oh ya, saat pagi hari, wilayah NE diguyur hujan deras.



Berbagai teori diajukan tentang fenomena Dark Day, seperti teori letusan gunung berapi yang menyebabkan langit menjadi gelap. Namun teori ini diragukan karena tidak ada laporan mengenai gunung berapi yang meletus maupun gempa bumi saat Dark Day terjadi.

200 tahun lebih kemudian, peneliti dari Universitas Missouri meneliti catatan tertulis dan jejak lingkaran pohon dari bekas pohon yang terbakar. Menurut peneliti tersebut, penyebab peristiwa Dark Day tidak lain adalah karena kebakaran hebat yang melanda Kanada.



Para peneliti mempelajari lingkaran pohon di daerah Algonquin Highlands, Selatan Ontario dan berbagai wilayah lainnya. Para peneliti menemukan bukti bahwa telah terjadi kebakaran hebat pada saat itu dan telah mempengaruhi kondisi atmosfir bumi hingga ratusan mil. Asap yang sangat tebal terbentuk dan dibawa angin menuju atmosfir bagian atas yang menyebabkan Dark Day terjadi. Lantas, apa tidak ada saksi mata mengenai kebakaran hebat itu ? Sayangnya tidak ada informasi mengenai saksi mata yang menyaksikan kebakaran hebat di Kanada itu, peneliti hanya mengatakan jika wilayah Agonquin saat itu belum berpenghuni.

Seperti yang sudah saya katakan diatas, peristiwa Dark Day dianggap sebagai peristiwa sakral karena keterbatasan ilmu pengetahuan saat itu. Banyak yang menganggap bahwa Dark Day merupakan suatu peringatan yang ditujukan kepada penduduk NE. Hmm..saya penasaran setebal apa asap yang bisa menyebabkan wilayah NE menjadi gelap gulita itu.

( wikipedia, listverse.com )

8 comments:

harits indi pradana said...

Waw..itu psti ky silent hill..kl sirine bnyi jd glap..
"Darkness coming"
:3

Vahn Saryu said...

Haha..bener juga,game fvorit sy tuh

ACEBF100 said...

gan boleh ijin copas gak

Vahn Saryu said...

@ACEBF100
Silahkan sja bro,sbnrny nggak prlu ijin jg nggak apa2,he..he

Angel's Bl09 said...

di China katanya juga ada.persis kejadiannya.langit tiba2 saja berubah jadi gelap.

Welcome to My Blog said...

Pada tanggal 19 Mei 1780, sebuah peristiwa aneh sedang melanda wilayah Inggris dan Kanada

Welcome to My Blog said...

seharusnya judulnya bukan hari kegelapan di inggris, cz dari isinya bisa saya tebak kalo TKP nya ada di New england n new jersey USA. seharusnya judulnya adalah hari kegelapan di New England, New England dan England adalah 2 tempat berbeda yang terpisah sangat jauh, satunya di benua amerika satunya di eropa (negara inggris)

yudi said...

gan kalo gak keberatan,saya mau tukeran link.ini link saya

http://supercicak.blogspot.com/


link anda sudah dipasang di blog saya!!

thanxs