Sunday, August 8, 2010

Incredible of Animal World,Hewan - Hewan Yang Unik

Setelah lama saya tidak memposting tentang dunia hewan, kini saya akan membahas beberapa hewan unik yang mungkin belum pernah kita saksikan sebelumnya. Artikel kali ini memang agak santai, namun jika anda melihat hewan - hewan luar biasa ini, maka anda akan kagum dengan keajaiban alam yang sesungguhnya.


1. Olm





Olm merupakan hewan amphibi yang hidup di perairan Eropa. HEwan ini hanya ditemukan di wilayah perairan dalam, dimana cahaya matahari tidak mampu menembus lagi. Makanan utama hewan ini adalah hewan invertebrata kecil lainnya, dan hewan ini menggunakan cairan kimia khusus dan sinyal elektrik untuk mencari dan menemukan mangsanya. Bentuknya yang unik membuat sebagian orang menyebutnya sebagai bayi naga.

2. Naga Laut Berdaun






Naga laut berdaun merupakan hewan yang ahli berkamuflase. Hewan ini hidup diantara rumput - rumput laut dan bergerak mengikuti gerakan rumput laut,sehingga hampir mustahil untuk menemukan hewan ini ketika berada diantara rumput laut karena tubuhnya yang unik. Naga Laut berdaun merupakan kerabat dekat dari kuda laut, hal ini dapat diketahui dari naga laut jantan yang menyimpan telur - telur yang telah dibuahi hingga akhirnya menetas.

3. Ulat Hemeroplanes





Jika anda berpikir bahwa gambar diatas adalah ular, anda salah. Hewan tersebut adalah seekor ulat Hemeroplanes yang sedang berkamuflase. Ya, kemuflase adalah satu - satunya pertahanan diri ulat ini. Uniknya, ular ini berpura - pura menjadi seekor ular viper yang berbahaya jika merasa terancam untuk mengelabui musuhnya. Bagian kepalanya yang menyerupai ular akan mendongak keatas dan dalam posisi yang mirip dengan ular viper ketika akan menyerang.

4. Kadal Setan Berekor Daun





Salah satu hewan yang ahli berkamuflase lainnya, kadal setan berekor daun. Coba perhatikan tubuhnya dengan seksama, dapatkan anda menemukannya di tumpukan daun kering? HEwan unik ini hanya bisa dijumpai di Madagaskar dan kamuflase menjadi satu - satunya pertahanan diri hewan ini.

5. Ikan Hatchet




Ikan hatchet merupakan salah satu ikan yang hidup di laut bagian dalam. Ikan yang menghabiskan hidupnya di kegelapan laut ini tampaknya tidak menarik, namun ikan ini merupakan salah satu sumber cahaya di kegelapan laut bagian dalam. Ikan ini mempunyai bagian tubuh yang disebut Photophores yang dapat memancarkan cahaya yang cukup terang. Kemampuan ini digunakan untuk menarik mangsa dan akan "mematikan" cahayanya ketika bertemu dengan predator.

6. Gurita Selimut





Gurita selimut mempunyai mekanisme khusus sebagai pertahan diri dari ancaman predator. Seperti yang kita lihat pada gambar, gurita selimut akan mengembangkan tentakelnya untuk membuka membran tipis berwarna. Ketika membran tersebut telah mengembang, maka si gurita tersebut akan tampak lebih besar dan predator akan berpikir dua kali untuk mencoba memangsa gurita ini. Menurut ilmuwan, gurita betina berukuran lebih besar dan rentangan selimut yang lebih luas pula.

7. Laba - Laba Pembunuh




Laba - laba pembunuh merupakan laba - laba yang paling aneh dari semua keluarga laba - laba. Coba perhatikan kembali gambar diatas, laba - laba ini mempunyai leher yang panjang dan rahang yang kuat untuk menyambar dan membunuh mangsanya dengan mudah.

8. Kepiting Berbulu





Kepiting berbulu memiliki kemampuan unik dibalik fisiknya yang lain daripada kepiting lain. Kepiting ini memiliki kemampuan untuk menyaring dan menghilangkan racun dan bahan kimia lain yang membahayakan hidup kepiting ini. Bulu - bulu halus yang terdapat dalam sekujur kepiting inilah yang menyebabkan kepting berbulu memiliki kemampuan tersebut.

9. Lamprey






Lamprey merupakan hewan parasit yang hidup di air. Hewan ini menggunakan mulutnya yang unik dan bergigi untuk menyedot darah ikan atau hewan lain sebagai inangnya. Hewan parasit ini hidup di air tawar walaupun ada beberapa spesies yang hidup di laut. Lamprey dewasa dapat tumbuh hingga 1 meter, jadi berhati - hatilah ketika berenang di laut atau di sungai.

10. Hagfish





Hagfish merupakan hewan laut yang memiliki tubuh mirip dengan belut. Apakah keistimewaan hewan ini? Hagfish mempunyai 4 jantung, dua otak, dan ekor yang berbentuk dayung.

11. Cumi - cumi Vampir





Cumi - cumi vampir merupakan salah satu dari penghuni laut bagian dalam. Nama cumi - cumi vampir diberikan karena bentuk mulutnya yang berbeda dengan cumi - cumi pada umumnya. Selain itu, cumi - cumi ini mempunyai kemampuan lain, yaitu mampu menghasilkan cahaya seperti ikan hatchet, hanya saja cumi - cumi ini menggunakannya untuk "menghipnotis" mangsanya.

12. Isopod Raksasa





Sebagai penutup dari artikel ini adalah Isopod raksasa. Hewan ini merupakan kerabat dekat dari udang dan kepiting, dimana hewan ini banyak ditemukan diperairan dalam di Samudera Atlantik. Hewan yang mempunyai nama ilmiah Bathynomus giganteus ini merupakan jenis isopod terbesar yang pernah ditemukan.

Dunia hewan memang tidak akan pernah ada habisnya menyajikan keanekaragamannya yang menakjubkan. Hewan - hewan diatas hanyalah sebagian kecil dari keajaiban - keajaiban alam yang masih tersebar luas diluar sana.

( Semua sumber sudah saya sertakan dalam artikel )

22 comments:

Anonymous said...

ehm....coba2 mampir ke blog Vahn Saryu :) eh dapet pertamax... :D
Kok posting pagi2 banget???

MS.Terry

Anonymous said...

Wooooooops....... salah tulis nama ya? harus nya Vahn Saryu ya? duh... maaf :)

Ms.Terry

Vahn Saryu said...

Apanya yg slh bro,g da yg slah kq,he..he
Thanks sdh mampir, mski blog sy msh bnyk kkrangannya :)

harits indi pradana said...

Pagi amat postingnya?g liat bleach ma yugioh dl?
:3
Andai aku pny kmampuan kamuflase..

Vahn Saryu said...

Mumpung lagi libur, posting pagi lebih asyik, he..he
Saya lebih suka Avatar, xixixi...sayang hari minggu nggak tayang

vhanz said...

sepertinya hewan yang nomer 1 pernah liat d halaman belakang rumah saya, tetapi warnanya coklat seperti cacing, cara jalan nya meliuk sperti ular dan punya 4 kaki, pernah saya foto tapi lupa naruh file nya dmnana, kira2 menurut vahn hewan apa itu?? saya belum tau hehe

Mas Bayu Pramana said...

saya lebih suka tidur.. hehehe..

btw, udh pernah liat asliny blom??

Vahn Saryu said...

@Vhanz
Sy jg prnh liat bro, sy nggak sngaja mnemukan hwan i2 trjpit di pntu dpn rmh sy. dskrpsiny mrip dgn yg anda ktakan,bdny pnjng,kcil,brwrna cklat n jlny meliuk2 sprti ular,nmun ada kakiny..syngny ayh sy mmbunuhny krn dkra ular
Sy cri dlu di mbh google,he..he

@Mas Bayu Pramana
Mksdny udh prnh liat aslinya?hwany ato Filmny?he..he
Klo hwannya ju2r blm prnh,mskipun ingin bgt,klo filmnya jg blm,he..he

Anonymous said...

dari Tresna Asti

Itu di bagian ulat hemeroplanes ada salah ketik kyknya itu Vahn..
"... uniknya, ular..."
salah ketik ato emang begitu???
>,<

Kadal yang kayak daun itu, pipih kayak daun juga ga sih? Kalo di injek mati ga ya?? Hehee
;)
kok sekarang jadi ribet ngepost komen pake hape??

Nice inpoh!!

Anonymous said...

revan.

nice post bro. aku da lama ikutin blog ini jga blog misteri lain kayak enigma. hnya baru kali ini koment. ngomong2 soal yugioh n avatar eh salah....ttg hewan unik maksudnya, aku lebih cendrung takjub sama penciptanya. mnciptakan mahluk ssuai dgn tmpatnya, trus pnya kelebihan unik lainnya. keren. keep post bro. boleh minta alamat FB gak? hehehe...

Vahn Saryu said...

@ Tresna Asti
Maaf klo kmen lwt hp jd agak rbet,hal ini sy lkukan krna ktika sy mmblas kmen lwt frmat yg lma,sy srng ga2l jd sy gnti dgn frmat ini

@revan
Soal FB,slahkan search nma Vahn Saryu,psti ada,he..he
Maaf nih sblmnya,sy jrng OL di FB,jd srng g hdir di IMfo :)

Andika said...

Mantap Saya suka nomor 1,3, 10

Saya takjub dengan nomor 10 keren abisss...

ROCK STUDIO said...

wew..yg paling ngeri tuh Lamprey .. nice info gan...

Vahn Saryu said...

@Andika
Terima kasih bro karena sudah memasang link artikel ini di FB,terima kasih banyak :)

@Rock Studio
Thanks bro :)

Andika said...

Link yang mana Vahn. Yang di IMFO kalau itu sih saya mau jahil aja sama Murvina

Lica Lawliet said...

ulat no.3 itu.. Berat di kepala ya.. Wkwkwk! :D
tp lucu..

obytoby said...

lamprey kek yang di film ntu ya vahn..??

zakili said...

Gan ijin copas ya :D

Vahn Saryu said...

Silahkan :)

zakili said...

Thanks gan :D

KraKen said...

Kura kura ini gak masuk bro? cukup uni sih bentuknya..saya malah belum pernah liat langsung

http://tinyurl.com/2bekw47

Nama Latin:Chelus Fimbriatus

Vahn Saryu said...

Trima ksih tmbhany bro,sbnarny msh bnyk yg unik,tp krn sy trauma psting pnjng2,he..he jd sy bt pstngn trpsah2 sja