Tuesday, August 10, 2010

Legenda El Ucumar

Well, karena berita penemuan makhluk misterius yang ditembak mati di Argentina sudah dibahas di blog Enigma, maka dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang legenda El Ucumar Zupai yang diduga merupakan makhluk misterius yang ditembak mati tersebut.


Ucumar Zupai ( terkadang disebut Sachayoj, Ucu, Ukumar-zupai,Ucamari,Jucamari ) merupakan makhluk cryptoid yang dideskripsikan berbentuk seperti Bigfoot dan atau Yeti, sehingga mahkluk ini dikenal dengan sebutan Yeti Argentina. Ucumar Zupai diduga hidup di daerah pegunungan di wilayah Chili dan Argetina. Makhluk ini dikatakan memiliki tinggi sekitar 5 - 7 kaki, berjalan dengan tegak, berbulu, dan mata yang kecil serta tangan dan kaki yang besar. Beberapa saksi mata mengatakan jika makhluk ini berbentuk setengah manusia setengah beruang, sehingga dapat dibayangkan seperti apa rupa makhluk ini.

Ilustrasi

Menurut kisah penduduk lokal, ucumar zupai suka memakan tumbuhan bernama payo, yaitu sejenis tumbuhan yang mirip dengan kubis. Makhluk ini juga mengeluarkan suara yang aneh, seperti " uhu...uhu...uhu. "

Laporan penampakan pertama terjadi pada bulan Mei 1958 ketika sekelompok orang yang sedang berkemah di Rengo, sekitar 50 mil dari Santiago, Chili melaporkan penampakan yang mereka lihat sewaktu berkemah, dan mereka mereka mengatakan jika makhluk itu mirip dengan manusia kera. Polisi kemudian menginvestigasi tempat tersebut dan mendapatkanlaporan dari salah satu saksi mata, yaitu Carlos Emanuel Soto. Carlos mengatakan jika ia melihat makhluk dengan fisik seperti manusia, namun seluruh tubuhnya tertutup dengan bulu, ia bahkan bersumpah dengan apa yang dilihatnya. Ia melihat makhluk itu di daerah Cordilleras, salah satu dari 6 provinsi di Santiago.

Ilustrasi

Pada tahun 1956, seorang geologis bernama Audio L. Pitch menemukan jejak kaki misterius dengan panjang 17 inci. Jejak tersebut tentu saja berbeda dengan jejak kaki manusia pada umumnya. Jejak kaki misterius itu ditemukan di sisi pegunungan Andes, Argentina pada ketinggian lebih dari 16 ribu kaki. Jejak serupa juga pernah ditemukan di daerah La Salta, Argentina.

Ilustrasi Perbandingan jejak kaki Yeti/bigfoot (2) dengan jejak kaki lainnya

Penduduk dari Tolor Grande pernah melaporkan sebuah kejadian aneh kepada seorang wartawan koran lokal. Mereka mengatakan jika saat malam tiba, para penduduk mendengar suara aneh. Suara tersebut seperti sebuah paduan suara yang mengerikan dan sepertinya berasal dari dekat gunung Curu - curu. Para penduduk menganggap suara tersebut adalah suara Ucumar Zupai dan suara tersebut menjadi sebuah teror bagi masyarakat Tolor Grande.

Walaupun belum ada bukti pasti mengenai keberadaan makhluk ini, namun suara - suara aneh yang berasal dari pegunungan masih menghantui masyarakat setempat hingga saat ini. Salah satu teori mengatakan jika makhluk yang dideskripsikan oleh masyarakat adlahseekor spectacled bear (Tremarctos ornatus) yang ditemukan di daerah Andes walaupun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi mengenai teori ini. Yang jelas, hewan ini tidak berjalan dengan dua kaki dan mengeluarkan suara aneh dan mengerikan.





Apakah hewan lucu ini adalah Ucumar Zupai ? Saya rasa bukan

Kisah mengenai Ucumar zupai memang poupuler di Argentina dan Chili layaknya kisah bigfoot. Walaupun tidak sepopuler bigfoot, namun makhluk cryptoid ini tetap saja membuat penduduk setempat resah, apalagi beberapa rumor mengatakan jika Ucumar Zupai menculik wanita untuk berkembang biak.

Dunia cryptoid memangtidak akan ada pernah habisnya, karena bumi ini masih luas dan masih banyak wilayah yang belum di eksplorasi manusia, jadi tidak heran jika banyak anomali yang kerap kita temukan di bumi ini.

(theunexplainedmyateries, wikipedia )

12 comments:

yovi avianto said...

Beruangnya lucu...:D, bikin gemes, tapi mungkin aja hewan ini si el-uccumar...

Vahn Saryu said...

Masa sih bro hewan lucu ini pelakunya?he..he..he, tapi segla kemungkinan memang ada bukan? thanks sudah mampir :)

Andika said...

Kalau saya hitung dari jumlah dan bentuk jarinya kayaknya mempunyai kemiripan Vahn. Sayang ketrangan fisik yang didapat minim, jadi agak sulit menerkanya.

Andika said...

Saya lupa hehehe

Jejak kaki El Ucumar itu yang nomor 6 bukan, soalnya Vahn gak nerangin sih hahahaha. Saya kira tersangkanya jejak nomor 6. :D

LIGHT said...

siapa tahu suara yang mereka dngar itu suara yang dari dalam bumi
kaya yang di kota apa itu namanya
lupa saya
hehehe

Vahn Saryu said...

@Andika
Jejak no.6 bukan jejak Urucumar bro, tapi jejak kaki bigfoot walaupun menurut deskripsi sumber ukurannya hampir sama
saya coba googling tapi tidak mendapatkan jejaknya si Urucumar, mungkin bergelantungan di pohon, haha

@Light
pasti yang anda maksud Taos Hum kan? he..he

harits indi pradana said...

Jgn2 mrka brsarang di gnung,trs kl mlm biar g sepi mrka nyanyi..
X3

Vahn Saryu said...

Kpan nih updatenya Rits? sudah cukup lama lho, he..he

harits indi pradana said...

Ya gni deh kl g ad internet d rmh..g bs posting..
Mna g d ksh duit jajan kl libur,kn g bs k warnet eke..
Gmn kl vahn krim tulisan k blogku?
:3

ACEBF100 said...

Tao Hum itu apaan Vahn

Vahn Saryu said...

awalnya taos hum adalah suara dengungan misterius bumi, namun misteri ini sudah berhasil dipecahkan, silahkan klik link ini untuk mengethui kisah selengkapnya
http://xfile-enigma.blogspot.com/2009/10/misteri-suara-dengungan-bumi.html

KraKen said...

Taos Hum sudah di bahas di Enigma