Wednesday, April 28, 2010

Zombie, Apakah Mereka Benar -Benar Ada ?

Zombie, jika kita mendengar nama ini, yang terpikirkan adalah sesosok mayat hidup mengerikan yang siap untuk menyantap daging manusia. Benarkah makhluk yang kebanyakan muncul dalam game horor ini benar - benar ada ?

Jawabannya adalah YA. Akan tetapi, zombie dalam kehidupan nyata ini sangat berbeda dengan gambaran zombie dalam game - game horor. Zombie berasal dari bahasa Kongo "Nzambi" yang berarti dewa.Zombie sendiri merupakan sebutan untuk mayat yang hidup dalam kepercayaan Voodoo dan orang Afrika. Zombie disebut -sebut adalah manusia yang rohnya dicuri oleh dukun Voodoo lewat ritual tertentu. Konon, mayat yang dibangkitkan akan dipekerjakan sebagai budak di sebuah perkebunan.

Penjelasan Singkat

Menurut kepercayaan Voodoo, seorang pendeta Voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan orang yang telah meninggal lewat ritual tertentu. Zombie yang dibangkitkan tidak dapat melakukan keinginannya sendiri alias selalu dibawah kendali sang majikan. Pertanyaannya adalah apakah dukun - dukun ini benar - benar bisa membangkitkan manusia yang telah meninggal?

Zora Neale Hurston

Pada tahun 1937, Seorang peneliti bernama Zora Neale Hurston melakukan riset di Haiti. Lalu dia menemukan suatu kasus, yaitu kasus Felicia Felix Mentor yang meninggal di usia 29 tahun dilaporkan warga sering terlihat berjalan - jalan di sekitar desa mereka. Felicia sendiri telah dikuburkan sejak tahun 1907. Karena banyak warga yang melaporkan penampakan Felicia, Zora tertarik mencari kebenaran kabar itu.
Tak lama kemudian, di juga mendapat informasi bahwa zombie adalah manusia hidup yang diberi ramuan obat oleh dukun Voodoo, namun sayangnya tidak ada orang yang mau memberi petunjuk lebih lanjut mengenai info yang didapatnya itu. Zora akhirnya gagal mengungkap rahasia zombie yang dilaporkan warga setempat.

Wade Davis

Beberapa tahun kemudian seorang peneliti lainnya bernama Wade Davis mengangkat kasus zombie ini dalam sudut pandang ilmiah. Dia menerbitkan dua buku hasil penelitiannya yang berjudul The Serpent and the Rainbow (1985) dan Passage of Darkness: The Ethnobiology of the Haitian Zombie (1988).
Menurut hasil penelitiannya selam di Haiti, dia menemukan dua jenis ramuan obat yang mampu membuat seseorang menjadi seperti zombie. Ramuan obat ini jika dimasukkan dalam aliran darah akan membuat efeknya menjadi lebih cepat. Ramuan obat pertama yang dia sebut coup de poudre akan menyebabkan manusia mengalami keadaan seperti mati karena pengaruh tetrodotoksin. Racun yang menyerang saraf ini biasanya terkandung dalam ikan buntal dan ikan fugu. Manusia yang diberi Tetrodotoksin dalam dosis yang tepat ( kurang lebih 1 mg ) akan membuat manusia seperti mati dalam beberapa hari, namun di akan tetap sadar walaupun tubuhnya tidak dapat bergerak. Hanya dukun Voodoo yang berpengalamanlah yang dapat memberikan dosis setepat itu, karena kelebihan sedikit saja, orang diberi obat ini akan meninggal dunia.
Ramuan inilah yang diduga menyebabkan seseorang dianggap telah meninggal, karena seluruh tanda - tanda kehidupannya tidak tampak. Detak jantung dan denyut nadi terasa begitu lambat, bahkan hampir tidak dapat dirasakan. Karena inilah, pihak keluarga mengira anggota keluarganya itu telah meninggal, kemudian menguburnya tanpa tahu jika sebenarnya orang tersebut masih hidup.
Kemudian, sang dukun menggali kembali kuburan orang malang yang telah diduga meninggal itu. Sebelum orang yang seperti " mati suri " itu sadar dari kelumpuhannya, sang dukun memberikan ramuan kedua, yaitu sejenis obat dari tanaman genus Datura yang dikenal dengan nama rumput jimson. Obat ini bersifat halusinogen, sehingga orang yang meminumnya akan kehilangan semua ingatannya. Orang tersebut tidak ingat masa kecilnya, kehidupannya dahulu, bahkan dia tidak ingat siapa dirinya. Saya menyebutnya sindrom zombie. Orang yang telah mengalami sindrom zombie ini biasanya tampak seperti orang linglung. Jika tidak dipekerjakan lagi oleh tuannya, zombie ini akan berjalan tanpa arah dan tujuan karena mereka tidak memiliki pikiran yang normal lagi.

Tumbuhan Rumput Jimson

Meski begitu, sindrom ini dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak menyebabkan efek permanen. Hanya saja, waktu penyembuhan itu tergantung dari masing - masing individu. Wade Davis mengisahkan seorang warga Haiti bernama Clairvius Narcisse yang mengaku pernah menjadi zombie. Namun kisahnya diragukan banyak pihak.Penjelasan Wade Davis sering ditanggapi orang secara skeptis dan kebenaran ceritanya sering menjadi sumber perdebatan.Akan tetapi warga Haiti tidak menyangkal keberadaan obat yang bisa membuat orang mengalami sindrom zombie itu.

Seperti apakah zombie dalam dunia nyata itu? inilah gambarnya!

Menyeramkan ?

Atau mungkin yang ini ?



Penutup

Dari kepercayaan supranatural,sains mempunyai penjelasan sendiri mengenai sindrom yang membuat manusia menjadi mirip zombie. Walaupun penjelasan Wade Davis menimbulkan banyak perdebatan, tapi penemuan ramuan obat yang digunakan oleh para dukun Voodoo itu dapat menjelaskan bagaimana seseorang dapat berubah menjadi zombie.
Pada intinya, zombie itu adalah orang yang masih HIDUP. Mereka hanya dimanipulasi oleh dukun Voodoo yang tidak bertanggung jawab dan hanya mengutamakan kepentingannya sendiri. Praktek ini kemungkinan masih dilakukan oleh dukun Voodoo di Afrika.
Walaupun postingan ini pendek, semoga dapat menambah pengetahuan bagi kita semua.


( id.wikipedia.org, en.wikipedia.org )

17 comments:

Lincoln said...

hmmm sangat menarik, memang teori wade davis masih masuk akal (soalnya ga ada theori yg lain :) )
keep posting Vahn! saya mulai mengikuti blog ini setelah Enigma, soalnya ceritanya tidak copy paste!
oiya kalo boleh saran latar belakang nya jgn warna hitam, karena warna huruf tulisanya agak terang jadi terlalu kontras, kadang bacanya suka pusing @_@ hehe mungkin warna putih atau coklat agar tidak terlalu kontras/terang Mr.Vahn? hehe cm saran saja si mungkin cm saya aja ni yg merasakan =_= okedeh jd kepanjangan, KEEP POSTING!

harits indi pradana said...

Waw,gud2..gmn kl kpn2 kt k haiti ryu..
=p

Vahn Saryu said...

@ Lincoln
Saya memang berencana mengganti bckgroundnya menjadi putih bro, thanks y sarannya :)

@ Harits indi pradana
Boleh, asal nggak ngajak nyari zombie aja,ha..ha

dragon blog said...

zombi, keren bngt nih.
ngomong" klo penjelasan wade davis benar, lalu dari mana para pembuat game bisa mendapatkan gambaran zombie yang ada didalam game horor??

Ichi said...

weew, g salah juga sih teorinya, kan memungkinkan...
anyway good posting.. nemu ni blog dri enigma eh ternyata masi blog baru tapi bagus

my city_van said...

wah pas banget nih vahn, kemarin baru liat email dari temen isinya soal zombie..aka mayat hidup di daerah toradja , katanya sih karena hipnotis dr dukun setempat yg maksudnya agar si mayat bisa pulang sendiri ke rumahnya, dan tidak menyusahkan orang dari mengurus mayat tersebut...mau di fwd emailnya? sekalian mungkin di analisis bener atau HOAX pic-nya..:)

Anonymous said...

~cHii said...

hahhahah...ngikut eksis ach...
saya penggemar enigma yang baru pertama kaLi merasa tertarik dengan bLog misteri yang Lain...

heemh asik baca postinganya...sangat menarik...
tapi kaLo boLe request...toLong agak banyakin gambarnya juga ya! hehehehhe...

ditunggu postingan seLanjutnya ya...

Anonymous said...

Sekedar saran...
Blog Anda sangat suram, mungkin sebagian orang jadi malas membacanya. Maybe akan lebih baik di kasih kombinasi warna selain hitam kelam.
-peace-

Vahn Saryu said...

@dragon blog
Menurut pendapat sy prbdi, itu sh krna pngruh film2 holywood ttg zmbie.mgkn sja kn, mengingat flm hlywood yg brtema zmbie lbh tua drpda gme horor zmbie,cmiiw. :)

@ichi
Thanks y udh maen k blog saya

@my city_van
Sepertinya menarik, jika anda mau mengirimkannya ke saya,kirim saja ke vahn.saryu1@gmail.com, maaf y,sy msh mengmbngkan form cntact di blog sy ini :)

Vahn Saryu said...

@chii
Terima kasih sarannya, postingan2 selanjutnya sy akan berusaha menambah gmbr2nya jika memungkinkan :)

@anonymous
Sy memang msh mengmbangkan blog ini bro. Sy jg msh blajar. Krna itu, kritikan dan saran pmbaca sngt sy nantikan smbl brsha trus posting artikel :)

Lica Lawliet said...

zombie.... keren.... :D
iya tuh, saya juga sering denger di toraja tiap org mati biasanya digerakin & nari2 bareng di sebuah upacara adat. tp org yg gerakin zombienya tdk boleh diganggu. ntar zombienya pada jatoh. mungkin mereka butuh konsentrasi kali yah buat gerakin zombie2 itu. hehehe :)

Anonymous said...

tomcat berkata....jyaah...

ho oh tuh vahn, jangan cuma luar negeri atuh. kan di indonesia juga banyak mistery-nya.

my city_van said...

dah di fwd yach mailnya...sip sip :)

ADy "Editor" Inbox said...

Hmm...
Jadi inget game "RESIDENT EVIL"
HHahah...

Nice..!! =)

Anonymous said...

syereeemmm......tega banget tuh dukun....ngapain dia repot2 gt? amit2.

Ms. Terry

putri_maulatiwi said...

ya... kecewa... kirain bener2 orang mati trus bisa idup lagiii... hahahaha (korban film resident evil)

Mery Louis said...

Idemmm..
nemu blog ini dari enigma... ( Fans enigma nich ehhehehe)
kalo bole saran.. tulisannya dikasih sejajar ujunng kiri dan kanan saja bro.. apa yg namanya..
kalo yg sekarang kan sejajar kiri kan.. jadi yg di kanan berantakan... jadi kalo bisa di sejajar kiri dan kanan.. biar enak bacanya .. di tengah2 kan jadi ada space... jadi ngak terlalu rapet... spasi nya kalo bisa di gedein dikit.. hehehe ...
keep posting yahhh broo :p~