Wednesday, April 28, 2010

Fenomena USO ( Unidentified Submerged Objects)

Di suatu tempat di samudera yang luas, malam yang gelap, tenang dan hening, tiba - tiba muncul sebuah benda yang tidak dikenal dengan cahayanya yang indah. Mungkinkah itu sebuah USO?
USO atau Unidentified Submerged Object merupakan objek asing di dalam laut yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya. Jika kalian pernah menonton film " The Abyss ", tentu kalian tahu apa yang dimaksud dengan USO itu. Menurut beberapa laporan, USO tidak dapat ditangkap oleh sonar maupun radar, tetapi dapat dilihat dengan mata telanjang.



Para pengamat UFO menganggap UFO dengan USO adalah objek yang sama, hanya berbeda tempat penampakannya saja. Di Norwegia, Rusia, dan Swedia bahkan pernah dilaporkan adanya penampakan objek aneh yang terbang keluar dari laut.

Insiden Nova Scotia

Ilustrasi Insiden Nova Scotia

Pada tahun 1967, sebuah pesawat asing dilaporkan jatuh ke laut di daerah Nova Scotia. Pesawat yang ditaksir memiliki panjang 18 meter dan cahaya oranya itu menukik 45 derajat dan kemudian masuk ke laut. Coast Guard Canada telah dihubungi, dan mereka melakukan investigasi di tempat itu. Dari hasil investigasi, mereka menemukan busa kuning di air laut, kemudian mereka menyimpulkan bahwa busa itu adalah jejak yang ditinggalkan oleh objek misterius itu. Walaupun telah diselidiki lebih lanjut, kasus ini akhirnya menemui jalan buntu.

Penampakan USO dari masa ke masa



Sebenarnya penampakan USO bukanlah hal baru. Penampakan objek asing ini bisa dilacak hingga tahun 1845. Pada 18 Juni 1845, di kepulauan Malta, sekelompok orang di kapal Victoria mengaku melihat 3 objek yang terbang dari laut.Mereka melihat objek tersebut selama 10 menit, kemudian objek itu terbang menjauhi kapal.
Pada tanggal 22 Maret 1870, di suatu tempat di Samudera Atlantik, para pelaut Inggris menyaksikan suatu objek misterius yang berbentuk seperti awan. Awan tersebut seperti memiliki ekor yang panjang. Objek ini kemudian menghilang ketika masuk ke dalam laut.
Komandan Graham Bethune, seorang pensiunan Angkatan Laut AS mengaku melihat sebuah objek asing bercahaya yang keluar dari dalam laut pada 10 Februari 1951. Ia mengaku melihat objek itu di sekitar wilayah Islandia. " Ketika aku mencoba mendekati objek itu, tiba - tiba objek bercahaya itu berubah menjadi lingkaran dan terbang menghilang begitu saja ", kata sang Komandan.
Pada bulan Mei 1958, Oktober 1959, dan Januari 1960 di Golfo Nuevo, Argentina sebanyak 14 kapal perang Argentina ( salah satunya adalah kapal induk ) dan 30 pesawat milik angkatan udara Argentina mengejar sebuah kapal selam asing yang belum mereka kenal sebelumnya. Kapal selam asing ini tidak dapat dideteksi oleh sonar maupun radar, jadi mereka melakukan pengejaran ketika kapal ini timbul ke permukaan laut karena hanya dapat dilihat dengan mata. Armada kapal dan pesawat tempur ini juga melakukan kontak senjata dengan objek misterius itu. Berbagai macam senjata canggih pada masa itu telah diluncurkan tepat ke USO, namun tidak satu pun yang dapat menggores kapal selam asing itu. Akhirnya pengejaran itu dihentikan tanpa hasil. Pengejaran terhadap USO tidak hanya dilakukan oleh Argentina saja. Amerika konon pernah melakukan hal serupa. Kapten Ray M. Pitts, pemimpin tim Angkatan Laut Amerika Serikat mengatakan " Sulit sekali mengejar objek itu, objek tersebut seperti sebuah prototipe kapal selam terbaru". Sayangnya, tidak ada info mengenai kapan AS melakukan pengejaran ini. Hanya saja, anak buah Kapten Ray menggambarkan objek itu sebagai U-boat type XXI yang dikembangkan oleh Angkatan Laut Jerman 15 tahun sebelumnya.
Seorang petani pisang di Australia mengaku melihat USO keluar dari sebuah rawa pada tahun 1966.
Armada kapal Brasil diikuti oleh sebuah objek asing selama beberapa menit pada tahun 1967.
Pada tahun 1999, pernah dilaporkan sebuah USO yang menampakkan diri di Swedia. Tidak ada info lebih lanjut tentang laporan ini.

Penutup



USO bukanlah suatu hal yang baru. Sama halnya dengan UFO, USO memiliki tempat sendiri di dunia misteri. Apakah sebenarnya USO itu? Sebuah wahana Alien kah? Atau sebuah benda buatan manusia yang super rahasia? Mungkinkah USO memiliki kaitan dengan Segitiga Bermuda yang legendaris itu? Time will tell..

www.crystalslinks.com, en.wikipedia.org, www.ufocasebook.com

13 comments:

Anonymous said...

Topiknya menarik, tp gambar n kesimpulannya kurang berisi, tp overall udah lumayan lah sbagai newbie, haha

Keep posting bro

Anonymous said...

pertamax...keren bang..jadi nambah pengetahuan..ternyata ga cuma UFO ya?tapi kalo disimak kayaknya UFO = USO hanya berbeda tempat penampakannya saja ya...UFO di angkasa, sedangkan USO di laut/air..

Vahn Saryu said...

@Anonymous
Sayangnya saya lom punya kemampuan analisis sebaik blog misteri senior seperti blognya enigma, jadi maff deh, ha..ha

@Yap, bisa dikatakan begitu :)

my city_van said...

dont worry vahn...practice makes perfect...
and nice article lagi..sorry juga baru bisa baca and menikmati doang..urusan analisis..biar ahlinya yang urus...^_*

dragon blog said...

Postingnya bagus, tema-nya juga menarik. :)
Kira" ada ga y badan yang khusus meneliti USO??

Vahn Saryu said...

@my city_van
Thx bro, anda memang bnr, sy tmbhkan y, experience is the best teacher :)

@dragon blog
Ada bro, namanya US NAVY Office of Naval Intelligence(ONI), sebuah badan rahasia milik Angkatan Laut AS..Saya berencana membahas dinas2 rhsia milik AS, jd dtunggu y :)

my city_van said...

additional info : my city_van <--- it's a female ...haha...pizzZZZZ

Vahn Saryu Personal Blog said...

@my city_van
Ups..Sorry,hi.hi..hi :)

Angelo said...

Waw, Uso & Ufo
Sama Tapi Beda

Anonymous said...

wah, keren, ini yang saya cari......

TTD:Aeshnir

asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk said...

asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkk

Angel's Bl09 said...

oh..ternyata yang dilaut itu USO toh namanya..

ridwan agung said...

coba aja cari di youtube gue barusan liat helikopter jatuh ke laut tiba - tiba tanpa ledakan.