Monday, November 8, 2010

Cahaya Misterius Muncul Di Situs Kuno Peninggalan Suku Maya

Foto terkadang menyimpan misterinya sendiri. Tanpa kita sadari, beberapa gambar yang kita ambil melalui kamera itu mungkin menyembunyikan sesuatu yang tidak kita ketahui. Dalam postingan kali ini, saya akan membahas sebuah foto yang menampilkan kemunculan cahaya aneh di sebuah situs kuno peninggalan suku Maya.



Foto dibawah ini dipublikasikan ke dunia maya oleh seseorang yang bernama Rich. Ia mengklaim jika fenomena cahaya aneh yang terekam dalam fotonya itu adalah asli tanpa rekayasa, bahkan ia mengatakan jika ia telah meminta seorang fotografer untuk memastikan jika fenomena aneh tersebut bukanlah kesalahan teknis yang diakibatkan oleh kameranya.



Rich mengatakan jika ia mengambil gambar tersebut di sebuah situs kuno bernama House of Cenote pada tanggal 31 Desember 2009. Bangunan itu konon dahulu digunakan sebagai tempat ritual dan berbagai upacara keagamaan, dan terdapat sebuah makam di tengah bangunan tersebut.

Seperti yang kita lihat pada foto tersebut, terdapat empat pilar cahaya yang menjulang vertikal keatas, namun anehnya tidak satu pun dari pengunjung yang baru keluar dari tempat itu yang melihat cahaya ini, apakah cahaya ini hanya terlihat di kamera? Selain itu, kita juga akan melihat berbagai obyek yang dilingkari merah. Rich mengaku ia menemukan berbagai penampakan - penampakan misterius dengan berbagai figur di tempat tersebut. Agar para pembaca bisa melihat apa yang dimaksud oleh Rich, maka saya menyertakan foto dengan ukuran besar.



Sudah menemukan figur - figur tersebut? Nah, sekarang bandingkan dengan foto hitam putih ini yang juga disertakan oleh Rich, apakah ada perbedaannya?

Rich mengatakan jika cahaya misterius dan penampakan itu adalah fenomena gaib karena bangunan itu dulunya digunakan untuk upacara dan ritual keagamaan suku Maya, namun menurut saya penampakan figur - figur yang terbentuk itu mungkin diakibatkan oleh efek Paredolia. Selain itu, saya  juga menemukan figur - figur lainnya di foto tersebut.

Last, saya yakin jika pembaca banyak yang menduga bahwa kemunculan cahaya misterius tersebut adalah hasil rekayasa atau asli, namun yang jelas, gambar diatas adalah hasil editan, sayang Rich tidak menyertakan foto aslinya, padahal jika foto aslinya ada, maka tinggal dicari meta filenya dengan program pembuka meta file gambar untuk mengetahui apakah gambar tersebut asli atau rekayasa.

By Vahn Saryu At November 8th, 2010

( unexplainable.net )

11 comments:

harits indi pradana said...

bukan rambut fotografer yang kegondrongan trs ntupin lena tu?
:3

Vahn Saryu said...

Memang si empunya foto mengklaim foto itu asli tanpa ada kesalahan teknis dari kameranya, namun yang kamu katakan itu mungkin saja Rits, meski teorimu agak lemah sih, but everything is possible right?

fauzieuy said...

cahaya itu memancar dengan lurus,
saya lihat dua cahaya sebelah kanan terlihat bengkok..

Vahn Saryu said...

Terus kesimpulan anda?

enigma said...

sepertinya memang Camera effect. tapi saya tidak bisa memastikannya. bisa saja seperti kata haritz. ada objek tipis yang tertangkap kamera.

Vahn Saryu said...

lalu bagaimana menurut bro Enigma soal siluet2 pnampakan yg berbentuk figur2 itu? ada komentar?

Bagus said...

spertinya itu hanya lensa glare saja,,,karna hanya mampu dilihat dari kamera saja.

kebetulan saya menekuni bidang fotografi.

sementara klo siluet2 penampakan,,,apa memang benar penampakan?atau hanya sekedar mirip saja?

sayangnya ga ada foto lainnya setelah ini ya..

Lingga Dibrata said...

menurut saya, itu tidak mungkin cahaya kalaupun itu cahaya pasti tidak akan sebesar itu dan cahaya itu terlihat tidak proporsional dengan benda2 sekitarnya (terlalu besar cahayanya), malah seperti suatu benda yang berwarna pirang/kuning di depan kaca kamera yang menghalangi lensa

Anonymous said...

bisa jadi itu hanya HOAX

Ari said...

Menurut terawangan mata batin saya, cahaya itu berasal dari beberapa anak kecil yang lagi maen senter.

Brown said...

sepertinya memang Camera effect. tapi saya tidak bisa memastikannya. bisa saja seperti kata haritz. ada objek tipis yang tertangkap kamera.