Tuesday, October 19, 2010

Kapsul Waktu, Apa sih Tujuannya ?

Apa yang terlintas di pikiran kita jika mendengar kata kapsul waktu? Hal pertama yang terpikirkan adalah sebuah mesin waktu modern yang digunakan sebagai peralatan time travel. Namun, sepertinya Konsep kapsul waktu sendiri bukanlah sangatlah berbeda dengan mesin waktu, Lalu seperti apakah konsep dan pengaplikasiannya di dunia nyata?



Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang kapsul waktu, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu kapsul waktu. Menurut Wikipedia, Kapsul Waktu merupakan suatu tempat untuk menyimpan berbagai barang maupun informasi yang berasal dari masa lalu, dan digunakan kembali di masa depan. Istilah kapsul waktu sendiri telah digunakan sejak tahun 1939.



Kapsul waktu sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu "disengaja" dan "tidak disengaja." Kapsul waktu yang disengaja adalah kapsul waktu yang hanya dibuka pada waktu yang telah ditetapkan, jadi hanya data dan oknum tertentu yang dapat menyimpan dan mengaksesnya di masa depan. Sedangkan kapsul waktu yang tidak disengaja adalah kapsul waktu yang menyimpan data - data yang bisa diakses oleh siapa saja di masa depan.


Kapsul Waktu Westinghouse

Nah, kapsul - kapsul waktu ini biasanya dikubur dalam tempat yang rahasia untuk menjaga keaslian datanya. Pada tahun 1939, sebuah kapsul waktu dibuat pada event New York's Fair oleh Westinghouse. Kapsul waktu yang memiliki panjang 90 inci, diameter 6,5 inci, dan berat 800 pounds ini dibuat untuk menyimpan berbagai benda - benda penting seperti Buku Rekor, sebuah mikroskop, buku referensi tahunan, katalog Roebuck, gulungan microfilm, dan berbagai dokumen lainnya. Kapsul waktu ini dikubur sedalam 50 kaki dibawah Flushing Meadows Park dan rencananya akan dibuka kembali pada tahun 6939.



Kapsul waktu lainnya terdapat di Universitas Oglethorpe yang bernama Crypt of Civilization. Kapsul waktu ini rencananya akan dibuka kembali pada tahun 8113, namun tidak diketahui apa saja yang disimpan dalam kapsul waktu tersebut.

Menurut beberapa ilmuwan, pada masa perang dunia, Sovyet diyakini telah membuat sebuah kapsul waktu yang berisi data - data penting semasa perang dunia terjadi dan menguburnya di suatu tempat. Kapsul waktu sovyet ini dikhawatirkan berisi data - data tentang senjata dan teknologi mereka yang belum direlisasikan dan akan dibuka kembali suatu saat nanti.

Voyager Golden Records

Terlepas dari itu, kapsul waktu tidak hanya dikubur dan tersembunyi di dalam bumi, namun seiring perkembangan zaman, kapsul waktu dapat disembunyikan di luar angkasa. Tercatat ada 4 kapsul waktu yang telah "dikubur" dalam luar angkasa dan akan kembali ke bumi suatu saat nanti. Dua kapsul waktu bernama Pioneer Plaques dan dua lainnnya bernama Voyager Golden Records. Kapsul waktu kelima yang rencananya akan diluncurkan pada tahun 2012 nanti adalah satelit KEO yang membawa pesan dari masyarakat dunia pada masa ini dan beberapa benda - benda lain seperti contoh udara, air laut, hingga DNA manusia. Satelit ini rencananya akan berada di luar angkasa dan kembali ke bumi 50.000 tahun kemudian. Menariknya, setiap orang bisa meninggalkan pesannya untuk disimpan dalam kapsul waktu ini dan dibuka kembali 50.000 tahun kemudian. Anda tertarik? klik disini jika anda ingin meninggalkan pesan dalam satelit KEO.




Konsep kapsul waktu ini menurut beberapa orang adalah ide yang aneh. Kapsul waktu didesain sedemikian rupa untuk menjaga benda - benda maupun informasi yang disimpan di dalamnya tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama, namun beberapa orang justru menganggap pembuatan kapsul waktu hanyalah sebuah pemborosan. Jika memang ingin menyimpan informasi ataupun data, mengapa harus disimpan dalam jangka waktu yang bisa dibilang kelewat lama? apakah maksud dari semua pembuatan kapsul waktu ini? Hal ini menimbulkan beberapa kecurigaan di kalangan penganut teori konspirasi bahwa ada sesuatu yang disembuyikan dan dirahasiakan dari publik hingga pemerintah membuat kapsul waktu ini.

Satelit KEO

Jika beberapa orang berpendapat jika ada maksud terselubung dari pembuatan kapsul waktu ini, ada juga yang berpendapat bahwa kapsul waktu ini dikhawatirkan hanya menyimpan benda - benda yang tidak berguna, sehingga hanya akan mencemari bumi. Selain pihak yang menentang kapsul waktu ini, ada juga yang setuju dengan konsep kapsul waktu ini. Mereka beranggapan jika kapsul waktu ini bisa digunakan sebagai tempat pengaman untuk informasi - informasi penting yang mungkin dibutuhkan di masa depan.

Well, entah apa maksud sebenarnya dari pembuatan kapsul waktu ini. Konsepnya mungkin baru kita dengar, namun tujuan sebenarnya dari pembuatan kapsul waktu ini masih menjadi misteri bagi saya. Untuk apa mereka membuat sebuah wadah khusus yang disembunyikan dan dibuka kembali ribuan tahun kemudian ? Apakah mereka hendak menyampaikan dan membuktikan kemajuan peradaban manusia saat ini untuk generasi bumi selanjutnya?

By Vahn Saryu at October 19, 2010

( wikipedia, www.keo.org )

16 comments:

Anonymous said...

LMF>>>pertamaxx..ikut ikutan aja..hehhe

MyMind said...

Wah? Westinghouse Time Capsule dibuka 6939? ...

Anonymous said...

Lambang A3 yang dikumandangkan mirip lambang piramida Iluminati lho, bagaimana menurut Vahn?

Anonymous said...

PERTAMAXXXXX

Vahn Saryu said...

@Anonymous No.3
Memang agak mirip, tapi bisa saja kebetulan
Memang jika membahas konspirasi kita gampang terpengaruh dengan objek - objek yang berbau illuminati, freemason, dll, saya pun sempat mengalaminya, tapi kita juga harus bijak menanggapinya :)

Andika said...

Jadi inget pelm Knowing

Vahn Saryu said...

Emangnya di film knowing ada kpsul wktunya jg toh?sori, lom liet flmnya,he..he
Dik,kpan nih warungnya dbuka lg?he..he

Anonymous said...

Buat yg sering baca komik jepang,mgkn dah sering denger istilah kapsul waktu juga. Cuma para tokohnya menyimpan kapsul waktu ini dalam jangka beberapa tahun saja,untuk nantinya dibuka kembali saat mereka sudah lulus sekolah atau dewasa. Ada yg berupa prediksi mereka,saat dewasa mereka akan menjadi apa,ada jg yg berupa surat kejujuran (dstu mereka tuliskan rahasia2 pribadi yg selama ini gk pernah mereka ceritakan ke org2). Komik detective conan dlm salah 1 episode jg ada cerita yg dilatarbelakangi kapsul waktu. Trus film korea 'My Sassy Girl' juga ada kapsul waktu yg hanya dsimpan selama 2th. Hehe.. (komik n drama mania..!!) ^o^

Adi Pratama said...

di film knowing itu lah diceritakan sang peramal masa depan bumi d masukkan ke kapsul waktu...

yang d buka 60 tahun kmudian yaitu d pendam taun 1959 dan d buka taun 2009.

d film knowing juga menceritakan tentang kebesaran solar flare.

Anonymous said...

kapsul waktu adalah bentuk keindahan intelektual manusia, jadi manusia tidak hanya memikirkan apa yang akan ia dapat, tetapi apa yang bisa diberikan pada manusia di masa depan.

bayangkan betapa kecewanya kita(dan betapa senangnya blog2 misteri) ketika hanya mendapat sedikit sekali informasi ttg masa lalu yang masih misteri. paling tidak sekarang kita mencoba membagi pengetahuan kita untuk anak2(atau alien penginvasi) di masa depan.

Kapsul soviet yang konon menyimpan data2 senjata rahasia itu kayaknya tidak mungkin. kalau dia punya teknologi itu pasti digunakan/dikembangkan lagi sekarang. untuk apa menyimpan senjata rahasia itu untuk nanti2? nanti malah amerika yang menemukan juga dan menggunakan duluan. atau pas digunakan, ternyata model itu sudah jadul dan udah ada penangkalnya, kan rugi...

Anonymous said...

Kalo yang Voyager itu bukannya dirancang untuk mengembara di Alam Semesta ya?? Jadi kalau ada Alien yang menemukan, mereka akan tahu kala ada makhluk yang namanya Manusia di Bumi..... CMIIW

Vahn Saryu said...

Nah, berarti ada kaitannya kan antara voyager sebagai "pengembara" alam semesta dengan kapsul waktu?

adnanalong said...

Ngag kurang lama tah mbuka kapsul waktunya????

Anonymous said...

Vahn aku mau tanya. Kalau mengirim pesan ke Satelit KEO itu pakai bahasa apa? Bahasa Inggris saja? Bahasa lainnya boleh gak? Misalnya bahasa Indonesia?

56j7ytji7tyi said...

No body cares about your STUPID GAY COMICS! please jgn oot deh

Anonymous said...

silahkan.. kirim pake wasap.. pake bahasa apa aja boleeeee