Tuesday, August 31, 2010

Kawah Unik Ditemukan Di Planet Mars, Bukti Peradaban Martian ?

Planet Mars memang dikenal sebagai salah satu planet yang paling banyak dipelajari oleh ilmuwan. Selama penelitian bertahun - tahun, banyak hal unik yang ditemukan di planet ini, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan. Apakah dahulu ada peradaban di Mars ? bagi sebagian orang, hal ini merupakan misteri tersendiri yang dimiliki planet ini, namun dalam postingan kali ini, saya tidak akan membahas tentang sejarah ataupun ada tidaknya kehidupan di planet Mars, namun saya akan mengajak para pembaca melihat sebuah kawah yang terbentuk di planet ini dengan bentuknya yang unik.


Kawah dibawah ini dikenal dengan nama kawah Orcus Patera. Meskipun namanya mirip dengan nama salah satu puncak tertinggi di planet ini, namun sebenarnya tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Uniknya, bentuk kawah ini berbeda dengan kawah - kawah yang lain, hal ini bisa dilihat dari kawah - kawah kecil di sekitarnya.



Dengan panjang mencapai 240 mil dan lebar 90 mil, kawah berbentuk elips dan terletak dekat dengan ekuator Mars, kawah ini menimbulkan banyak pertanyaan di kalangan ilmuwan karena bentuknya yang tidak biasa dibanding kawah - kawah yang lain.

Orcus Patera terletak diantara dua gunung besar di Mars, yaitu Elysium Mons dan Olympus Mons. Puncak Olympius Mons juga merupakan puncak tertinggi di sistem tata surya kita, yaitu dengan ketinggian sekitar 21.171 m. Melihat ukurannya, panjang kawah ini tidak lebih dari Grand Canyon, tapi dengan lebar mencapai 5 kali dari ukuran Grand Canyon.

beautiful view, isn't it ?

Meskipun saya belum menemukan siapa dan kapan ditemukannya kawah ini, namun foto kawah ini sudah menyebar di internet. Nama Patera sendiri sebenarnya merupakan nama yang diberikan untuk kawah dengan bentuk yang tidak rata dan terbentuk dari akifitas vulkanik, contoh lainnya adalah kawah Mars's Hadriaca Patera dan Tyrrhena Patera. Tetapi, meskipun kawah Orcus Patera berbentuk tidak rata, kawah ini tidak terbentuk dari aktifitas vulkanik, lalu mengapa kawah ini bisa berbentuk seperti itu sehingga para ilmuwan mengkategorikannya sebagai kawah Patera? Misteri ini berusaha dipecahkan oleh para astronom.

Beberapa teori juga telah diajukan untuk mencoba mengungkap misteri kawah ini, diantaranya adalah karena tabrakan meteorit. Jadi, menurut teori ini, dahulu sebuah meteorit jatuh di kawasan ini dan meninggalkan bekas tabrakan berupa kawah yang dikenal dengan Orcus Patera ini. Teori ini memang masuk akal, mengingat tidak ada aktivitas vulkanik di daerah iu, namun melihat bentuk kawahnya banyak yang meragukan teori ini. Hingga saat ini, para astronom masih meneliti kawah ini dan misteri kawah Orcus Patera masih belum terungkap. Beberapa orang berpendapat bahwa kawah itu mungkin saja sisa - sisa dari peradaban Martian seperti berbagai hal aneh yang ditemukan di planet ini.

Maaf jika postingan kali ini kurang menarik, namun meskipun informasinya sedikit kawah ini menambah daftar misteri planet Mars yang belum terpecahkan. Jadi, apakah kita tidak sendirian di Galaksi Bima Sakti?

( io9.com, wikipedia )

7 comments: